Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI–BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia. Pemerintah menetapkan bahwa setiap pekerja formal maupun informal harus mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan dan membayar iuran setiap bulannya. Bagi Anda yang ingin membayar iuran BPJS Kesehatan dengan mudah, salah satu caranya adalah melalui Mobile Banking BRI. Berikut ini adalah panduan cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BRI.

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Bacaan Lainnya

Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BRI

Sebelum melakukan pembayaran BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri ke layanan Mobile Banking BRI dan mengaktivasinya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar dan mengaktifkan Mobile Banking BRI:

  • Unduh aplikasi Mobile Banking BRI melalui Google Play atau App Store.
  • Buka aplikasi dan pilih menu “Daftar”.
  • Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Pastikan nomor handphone yang Anda daftarkan sesuai dengan nomor yang terdaftar di bank.
  • Setelah mendaftar, aktivasi akun Mobile Banking BRI dengan cara masuk ke aplikasi dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Menambahkan Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

Setelah berhasil mendaftar dan mengaktifkan Mobile Banking BRI, selanjutnya adalah menambahkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan pada akun Mobile Banking Anda. Berikut adalah cara menambahkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan pada Mobile Banking BRI:

  • Buka aplikasi Mobile Banking BRI dan masuk ke akun Anda.
  • Pilih menu “Lainnya” dan pilih “Tambah Rekening Baru”.
  • Pilih jenis rekening “Virtual Account” dan pilih “BPJS Kesehatan”.
  • Masukkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia dan klik “Simpan”.
Artikel Menarik Lainnya:   2 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi.

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Setelah menambahkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan pada Mobile Banking BRI, Anda dapat langsung melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile Banking tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk membayar BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI:

  • Buka aplikasi Mobile Banking BRI dan masuk ke akun Anda.
  • Pilih menu “Bayar” dan pilih “BPJS Kesehatan”.
  • Pilih nomor Virtual Account BPJS Kesehatan yang telah Anda tambahkan pada akun Mobile Banking BRI.
  • Masukkan jumlah pembayaran yang ingin Anda bayarkan dan klik “Lanjutkan”.
  • Pastikan kembali nomor Virtual Account dan jumlah pembayaran yang telah Anda masukkan sudah benar.
  • Masukkan PIN Mobile Banking BRI Anda untuk melakukan transaksi.

Keuntungan Membayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking BRI

Membayar iuran BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Mudah dan praktis, Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Mobile Banking BRI tanpa harus datang ke bank atau membayar melalui mesin ATM.
  • Aman dan terjamin, pembayaran melalui Mobile Banking BRI dilindungi dengan sistem keamanan yang ketat untuk mencegah terjadinya kebocoran data atau kecurangan.
  • Hemat waktu dan biaya, Anda tidak perlu mengeluarkan waktu dan biaya tambahan untuk datang ke bank atau mesin ATM untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.
  • Tips Penting saat Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Agar proses pembayaran BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Pastikan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan yang tertera pada tagihan BPJS Kesehatan Anda.
  • Pastikan jaringan internet Anda stabil dan cukup kuat saat melakukan pembayaran untuk menghindari terjadinya kesalahan atau kegagalan transaksi.
  • Simpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pembayaran atau permasalahan lainnya di kemudian hari.
Artikel Menarik Lainnya:   3 Cara Transfer Uang Lewat M Banking BRI

Kesimpulan

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI adalah cara yang praktis, mudah, dan aman untuk membayar iuran BPJS Kesehatan tanpa perlu datang ke bank atau mesin ATM. Anda hanya perlu mendaftar dan mengaktifkan Mobile Banking BRI, menambahkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan pada akun Mobile Banking BRI, dan melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah melalui aplikasi Mobile Banking BRI.

Pertanyaan

Apakah bisa bayar BPJS lewat BRI Mobile?

Ya, bisa. Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan dengan mudah melalui aplikasi Mobile Banking BRI tanpa harus datang ke bank atau mesin ATM. Pastikan Anda telah mendaftar dan mengaktifkan Mobile Banking BRI, menambahkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan pada akun Mobile Banking BRI, dan melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah melalui aplikasi Mobile Banking BRI. Proses pembayaran BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BRI juga aman dan terjamin karena dilindungi dengan sistem keamanan yang ketat.

Nomor VA BPJS Kesehatan yang mana?

Nomor Virtual Account (VA) BPJS Kesehatan bisa Anda temukan pada aplikasi Mobile Banking BRI atau pada website resmi BPJS Kesehatan. Nomor VA tersebut terdiri dari 16 digit dan akan menjadi kode unik untuk mengidentifikasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda memasukkan nomor VA yang benar saat melakukan pembayaran melalui Mobile Banking BRI agar pembayaran Anda dapat terverifikasi dengan sempurna dan iuran BPJS Kesehatan Anda terbayar tepat waktu.

Berapa lama BPJS aktif setelah pembayaran?

Setelah Anda melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Mobile Banking BRI, maka waktu pengaktifan keanggotaan BPJS Kesehatan akan berbeda-beda tergantung dari proses verifikasi pembayaran. Umumnya, proses verifikasi pembayaran dilakukan dalam waktu 1-3 hari kerja. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, BPJS Kesehatan akan mengaktifkan keanggotaan Anda dan Anda bisa langsung memanfaatkan layanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Pastikan Anda membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu agar keanggotaan Anda selalu aktif dan terus mendapat manfaat dari program BPJS Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!

Artikel Menarik Lainnya:   Bagaimana Cara Cek Plat Nomor Jakarta?