15 Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus–Apakah Anda seorang pengguna setia perangkat Xiaomi? Jika iya, Anda mungkin sudah familiar dengan aplikasi bawaan Xiaomi yang sudah terpasang di perangkat Anda sejak awal. Meskipun banyak dari aplikasi bawaan ini sangat berguna, beberapa dari mereka mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda. Artikel ini akan membahas aplikasi bawaan Xiaomi yang boleh dihapus dan bagaimana Anda dapat melakukannya.

Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

Kenapa Harus Dihapus?

Penghapusan aplikasi bawaan Xiaomi sebenarnya merupakan pilihan dan keputusan pribadi. Beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menghapus aplikasi bawaan Xiaomi adalah sebagai berikut:

Ruang Penyimpanan: Aplikasi bawaan seringkali sudah terpasang di perangkat sejak awal, dan beberapa dari mereka mungkin tidak selalu relevan atau digunakan oleh pengguna. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan, pengguna dapat menghemat ruang penyimpanan perangkat.

Optimalisasi Kinerja: Beberapa pengguna mungkin ingin meningkatkan kinerja perangkat mereka dengan mengurangi beban aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, perangkat dapat berfungsi lebih lancar dan responsif.

Preferensi Aplikasi: Setiap pengguna memiliki preferensi dan kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan aplikasi. Beberapa mungkin lebih menyukai aplikasi pihak ketiga dengan fitur yang lebih lengkap atau desain yang lebih sesuai dengan selera mereka.

Penghindaran Duplikasi: Xiaomi seringkali menyediakan aplikasi bawaan untuk berbagai keperluan, seperti pemutar musik, pemutar video, atau peramban web. Jika pengguna sudah memiliki aplikasi pihak ketiga yang lebih disukai, menghapus aplikasi bawaan akan menghindari duplikasi fungsi dan mengurangi kebingungan.

Menjaga Tampilan Bersih: Beberapa pengguna mungkin ingin menjaga tampilan antarmuka perangkat mereka tetap bersih dan terorganisir tanpa banyak aplikasi yang jarang digunakan.

Artikel Menarik Lainnya:   6 Cara Cek Nomor XL Sendiri di HP Android Dan Iphone

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus tanpa risiko. Beberapa aplikasi bawaan mungkin terkait dengan sistem operasi atau fungsi perangkat tertentu, dan menghapusnya dapat menyebabkan masalah atau pembatasan. Jika Anda tidak yakin tentang penghapusan suatu aplikasi, lebih baik tinggalkan saja atau konsultasikan dengan komunitas Xiaomi sebelum mengambil tindakan. Selalu pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukan perubahan signifikan pada perangkat Anda.

2 Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Daftar Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

1. Mi Browser

Aplikasi Mi Browser merupakan peramban web bawaan dari Xiaomi. Meskipun menawarkan beberapa fitur menarik, beberapa pengguna mungkin lebih suka menggunakan peramban web pihak ketiga. Jika Anda termasuk pengguna yang lebih memilih peramban web lain, Anda dapat menghapus aplikasi Mi Browser untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja perangkat.

2. Mi Music

Mi Music adalah pemutar musik bawaan dari Xiaomi. Jika Anda sudah memiliki aplikasi pemutar musik favorit, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapus Mi Music untuk menghindari duplikasi aplikasi dan memastikan bahwa perangkat Anda hanya berisi aplikasi yang benar-benar Anda gunakan.

3. Mi Video

Sama seperti Mi Music, Mi Video adalah aplikasi pemutar video bawaan dari Xiaomi. Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi pemutar video lain yang lebih lengkap fiturnya, Anda bisa menghapus Mi Video untuk mengoptimalkan pengalaman multimedia Anda.

4. Mi Calculator

Meskipun Mi Calculator sangat bermanfaat, beberapa pengguna mungkin menginginkan aplikasi kalkulator dengan fitur yang lebih kaya. Jika Anda memerlukan kalkulator dengan fitur khusus, Anda bisa mencari alternatif lain di Play Store dan menghapus Mi Calculator.

5. Mi Notes

Mi Notes adalah aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda membuat catatan dan daftar tugas. Namun, jika Anda sudah menggunakan aplikasi catatan lain seperti Google Keep atau Evernote, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapus Mi Notes agar tidak ada duplikasi aplikasi.

6. Mi Remote

Mi Remote adalah aplikasi yang mengubah smartphone Anda menjadi remote kontrol untuk perangkat elektronik. Namun, jika perangkat Anda sudah memiliki fitur remote kontrol bawaan atau Anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih canggih, Anda bisa menghapus Mi Remote.

Artikel Menarik Lainnya:   4 Cara Lapor Indihome Gangguan, Mudah Dan Cepat Direspon.

7. Mi Themes

Mi Themes memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan perangkat Xiaomi dengan tema yang berbeda. Jika Anda tidak tertarik untuk mengganti tema secara reguler, Anda bisa menghapus aplikasi ini untuk menghemat ruang penyimpanan.

8. Mi Drop

Mi Drop adalah aplikasi yang memungkinkan Anda berbagi file dengan pengguna Xiaomi lainnya dengan cepat. Namun, jika Anda lebih sering menggunakan aplikasi berbagi file lain seperti Google Drive atau Dropbox, Anda bisa menghapus Mi Drop.

9. Mi Community

Mi Community adalah aplikasi tempat Anda dapat berinteraksi dengan pengguna Xiaomi lainnya, mendapatkan tips, dan berbagi pengalaman. Jika Anda merasa tidak tertarik untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut, Anda bisa menghapus aplikasi ini.

10. GetApps

GetApps adalah platform dari Xiaomi untuk mendownload aplikasi dan game. Jika Anda lebih suka menggunakan Play Store atau platform lain untuk mengunduh aplikasi, Anda bisa menghapus GetApps.

11. Feedback

Feedback adalah aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda memberikan umpan balik dan laporan bug kepada Xiaomi. Jika Anda merasa tidak tertarik untuk berpartisipasi dalam perbaikan dan pengembangan perangkat, Anda bisa menghapus aplikasi Feedback.

12. Security

Security adalah aplikasi keamanan bawaan Xiaomi yang melindungi perangkat Anda dari virus dan ancaman lainnya. Jika Anda sudah memiliki aplikasi keamanan lain yang lebih dipercaya, Anda bisa menghapus Security.

13. Quick Apps

Quick Apps adalah platform aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda menggunakan aplikasi tanpa menginstalnya. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi dengan instalasi tradisional, Anda bisa menghapus Quick Apps.

14. Analytics

Analytics adalah aplikasi yang digunakan oleh Xiaomi untuk mengumpulkan data pengguna. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan pengumpulan data ini, Anda bisa menghapus aplikasi Analytics.

15. Weather

Weather adalah aplikasi bawaan yang memberikan informasi tentang cuaca. Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi cuaca pihak ketiga dengan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa menghapus aplikasi Weather.

Artikel Menarik Lainnya:   4 Cara Cek Pulsa Smartfren Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Sekarang setelah kita mengetahui aplikasi bawaan Xiaomi mana yang bisa dihapus, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukannya:

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Xiaomi Anda.

2. Pilih Aplikasi

Setelah masuk ke Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal” tergantung pada versi MIUI Anda.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus

Cari aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.

4. Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, ketuk opsi “Hapus” atau “Uninstall” untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda.

5. Konfirmasi Penghapusan

Xiaomi akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi tindakan ini. Ketuk “OK” untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa dihapus dan cara untuk melakukannya. Menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan dapat membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan dan kinerja perangkat Anda. Pastikan untuk hanya menghapus aplikasi yang Anda yakin tidak akan Anda gunakan untuk menghindari kemungkinan masalah di kemudian hari. Selamat mencoba!

FAQs

1. Apakah aman menghapus aplikasi bawaan Xiaomi?

Ya, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak Anda butuhkan secara aman dapat dilakukan melalui Pengaturan. Namun, pastikan untuk hanya menghapus aplikasi yang Anda yakini tidak akan berpengaruh pada kinerja atau stabilitas perangkat.

2. Bisakah saya mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus?

Saat Anda menghapus aplikasi, itu akan dihapus dari perangkat Anda dan Anda perlu mengunduh ulang dari Play Store atau sumber lain jika ingin menggunakannya kembali.

3. Apakah menghapus aplikasi bawaan akan mempengaruhi pembaruan perangkat?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan yang tidak Anda butuhkan tidak akan mempengaruhi pembaruan sistem perangkat Xiaomi Anda.

4. Bisakah saya menghapus aplikasi bawaan tanpa akses root?

Ya, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa akses root melalui Pengaturan dan opsi aplikasi terinstal.

5. Apa aplikasi pihak ketiga terbaik untuk menggantikan aplikasi bawaan Xiaomi?

Terdapat banyak alternatif aplikasi yang dapat Anda gunakan, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi pihak ketiga populer adalah Google Chrome untuk peramban web, Google Photos untuk galeri foto, dan VLC Media Player untuk pemutar video. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!