YouTube Mau Ganti Nama Tab “Library” Jadi “You”

YouTube, salah satu platform video terbesar di dunia, telah lama dikenal dengan bahasa desainnya yang khas. Namun, baru-baru ini, YouTube untuk perangkat Android menguji desain ulang yang cukup signifikan dengan menggantikan tab “Library” atau Perpustakaan menjadi “You” atau Anda.

Dalam uji coba yang mereka lakukan, terlihat bahwa YouTube telah menghapus avatar profil “You” yang biasanya berada di sudut kanan atas layar dan memindahkannya ke bagian bawah layar. Perubahan ini berdampak signifikan karena menggabungkan fungsionalitas dari menu akun sebelumnya dan Library ke dalam tab “You” yang baru.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari 9to5Google pada Senin, 2 Oktober 2023, selama ini, semua aplikasi Google memiliki foto akun pengguna yang selalu berada di posisi yang sama, yaitu di sudut kanan atas layar. Informasi mengenai channel pengguna muncul pertama kali, bersama dengan tombol untuk Beralih Akun, Akun Google, dan Aktifkan Penyamaran.

Pengaturan aplikasi sebelumnya diakses melalui ikon roda gigi yang hanya muncul di halaman ini, tetapi dengan perubahan ini, akses ke pengaturan tersebut menjadi lebih cepat dan mudah.

Selanjutnya, terdapat carousel untuk History dan Playlist yang berisi daftar video yang disukai. Pengguna dapat dengan mudah mengakses video-video yang pernah mereka tonton atau playlist yang mereka buat.

Namun, perubahan yang paling mencolok adalah dalam layanan YouTube Premium. Terdapat beberapa tab atau bilah tambahan yang termasuk di dalamnya, seperti Video, Unduhan, Klip Anda, Film Anda, Manfaat Premium Anda, Waktu Ditonton, dan Bantuan dan Umpan Balik. Ini memberikan pengguna akses yang lebih mudah dan cepat ke berbagai fitur yang disediakan oleh YouTube Premium.

Artikel Menarik Lainnya:   80 Ragam Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Desain yang baru ini memang telah lama dinantikan oleh para pengguna YouTube, dan meskipun perubahan tersebut terus dilakukan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya YouTube memutuskan untuk merilisnya. Namun, perlu diingat bahwa perubahan desain ini juga menimbulkan beberapa perdebatan mengenai konsistensi tampilan YouTube.

Fenomena ini agak mengingatkan kita pada fitur “Shorts” yang memiliki kemiripan dengan desain yang serupa pada Instagram dan aplikasi media sosial lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa YouTube terus berupaya untuk mengikuti tren desain yang populer.

Sebelumnya, YouTube juga telah mengumumkan beberapa fitur baru yang akan segera diluncurkan untuk kreator konten. Fitur-fitur tersebut termasuk fitur layar hijau atau “green screen,” wawasan untuk merangsang ide kreatif, sulih suara atau dubbing otomatis ke bahasa lain, dan pencarian soundtrack.

Fitur layar hijau atau yang disebut oleh YouTube sebagai “Dream Screen” sebenarnya mirip dengan fitur yang sudah ada di platform TikTok. Fitur ini akan secara otomatis menghapus latar belakang dari video Anda dan menggantinya dengan gambar atau video yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) berdasarkan pilihan kreator konten.

Perubahan-perubahan ini menunjukkan bahwa YouTube terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan lebih banyak fitur yang dapat digunakan oleh kreator konten untuk menciptakan konten yang lebih kreatif dan menarik.

Dalam kesimpulan, perubahan desain yang baru pada tab “Library” menjadi “You” adalah langkah yang signifikan bagi YouTube. Ini memberikan pengguna lebih banyak kemudahan dalam mengakses berbagai fitur yang disediakan oleh platform ini, dan juga mencerminkan upaya YouTube untuk tetap relevan dan mengikuti tren desain yang sedang berkembang. Seiring dengan pengumuman fitur-fitur baru untuk kreator konten, YouTube terus berusaha untuk menjadi platform yang lebih inovatif dan menarik bagi para pengguna dan kreator konten.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!