Cara Download MP3 dari YouTube ke Play Musik Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah ingin mendownload lagu favorit dari YouTube dan mendengarkannya di aplikasi Play Musik di perangkat Android Anda? Sayangnya, YouTube tidak menyediakan fitur resmi untuk mengunduh video atau musik dari platform mereka. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan membahas cara download MP3 dari YouTube ke Play Musik tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dengan metode yang akan kami bagikan, Anda dapat menyimpan musik favorit Anda dari YouTube secara gratis dan mendengarkannya kapan pun dan di mana pun.

cara download mp3 dari youtube ke play musik

Bacaan Lainnya

Persyaratan Download MP3 Dari Youtube Ke Play Musik

Sebelum kita memulai, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan berikut:

Perangkat Android dengan aplikasi YouTube dan Play Musik terinstal.
Koneksi internet yang stabil.
Penyimpanan yang cukup tersedia untuk menyimpan file MP3.

Cara Download MP3 dari YouTube ke Play Musik Tanpa Aplikasi

Menyalin URL Video YouTube

Langkah pertama adalah menyalin URL video YouTube yang ingin Anda unduh ke format MP3. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

Artikel Menarik Lainnya:   10 Aplikasi Download YouTube di Android

Buka Aplikasi YouTube

Mulailah dengan membuka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google Anda jika diminta.

Temukan dan Buka Video yang Diinginkan

Cari video yang ingin Anda unduh. Setelah menemukannya, buka video tersebut untuk melanjutkan.

Salin URL Video

Di bawah video, Anda akan melihat tombol “Bagikan.” Ketuk tombol ini untuk melihat berbagai opsi berbagi. Pilih opsi “Salin tautan” atau “Salin URL” untuk menyalin URL video ke clipboard perangkat Anda.

Mengonversi Video YouTube Menjadi MP3

Setelah Anda memiliki URL video YouTube yang ingin Anda unduh, langkah selanjutnya adalah mengonversi video tersebut menjadi file MP3. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

Buka Konverter Online

Buka browser di perangkat Android Anda dan cari konverter YouTube ke MP3 online yang terpercaya. Ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih, seperti YTMP3.cc, FLVTO.biz, atau 320ytmp3.com. Pilih salah satu situs web ini dan buka di browser Anda.

Tempelkan URL Video

Di halaman utama konverter online, Anda akan menemukan kotak input. Tempelkan URL video YouTube yang sudah Anda salin sebelumnya ke kotak tersebut.

Pilih Format MP3

Setelah Anda memasukkan URL video, pilih format MP3 sebagai pilihan keluaran. Pada umumnya, konverter online akan menawarkan beberapa pilihan kualitas suara yang berbeda. Pilihlah kualitas yang sesuai dengan preferensi Anda.

Mulai Konversi

Setelah Anda memilih format MP3 yang diinginkan, klik tombol “Konversi” atau “Mulai” untuk memulai proses konversi. Konverter online akan mulai mengunduh dan mengonversi video YouTube menjadi file MP3.

Unduh File MP3

Setelah proses konversi selesai, konverter online akan menyediakan tautan unduhan untuk file MP3 yang sudah jadi. Klik tautan tersebut untuk mengunduh file MP3 ke perangkat Android Anda.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Download MP3 Youtube di Android Tanpa Aplikasi

Mengimpor MP3 ke Play Musik

Setelah Anda berhasil mengonversi video YouTube menjadi file MP3, langkah terakhir adalah mengimpor file MP3 tersebut ke aplikasi Play Musik di perangkat Android Anda. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

Buka Aplikasi Play Musik

Buka aplikasi Play Musik di perangkat Android Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google Anda jika diminta.

Buka Menu Pengaturan

Di halaman utama Play Musik, ketuk ikon tiga bar yang berada di pojok kiri atas layar untuk membuka menu pengaturan.

Pilih “Pustaka Musik” atau “Perpustakaan Musik”

Di dalam menu pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan “Pustaka Musik” atau “Perpustakaan Musik.” Ketuk opsi ini untuk membuka perpustakaan musik Anda.

Pilih “Unggah Musik” atau “Upload Musik”

Di dalam perpustakaan musik, cari opsi yang berkaitan dengan “Unggah Musik” atau “Upload Musik.” Ketuk opsi ini untuk memulai proses pengunggahan file MP3.

Pilih File MP3

Di halaman pengunggahan musik, ketuk tombol “Pilih dari Perangkat Anda” atau serupa untuk memilih file MP3 yang sudah Anda unduh sebelumnya. Telusuri dan pilih file MP3 yang ingin Anda impor ke Play Musik.

Mulai Impor

Setelah Anda memilih file MP3, ketuk tombol “Mulai Unggah” atau serupa untuk memulai proses impor. Play Musik akan mengunggah file MP3 ke perpustakaan musik Anda.

Tunggu Proses Selesai

Tunggu hingga proses impor selesai. Lamanya waktu yang diperlukan tergantung pada ukuran file MP3 dan kecepatan internet Anda.

Selesai!

Setelah proses impor selesai, file MP3 sudah tersedia di perpustakaan musik Play Musik Anda. Anda dapat memutar musik tersebut kapan saja di aplikasi Play Musik.

Kesimpulan

Mendownload lagu dari YouTube dan mendengarkannya di aplikasi Play Musik tanpa aplikasi tambahan bisa menjadi alternatif yang berguna bagi penggemar musik. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengunduh MP3 dari YouTube ke Play Musik tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ikuti langkah-langkah yang kami berikan, dan Anda dapat dengan mudah menyimpan dan memutar musik favorit Anda di perangkat Android Anda. Selamat menikmati musik!

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!