Cek Spesifikasi HP Xiaomi 12, Ponsel Flagship Harga Lebih Murah.

Di tengah semakin pesatnya persaingan industri smartphone, Xiaomi 12 telah mencuri perhatian dengan penurunan harga yang mengejutkan. Dari harga awal yang mencapai 10 jutaan rupiah, kini ponsel flagship ini dapat Anda miliki dengan harga mulai dari Rp7 jutaan atau bahkan lebih murah. Fenomena ini tentu saja menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar teknologi. Mengapa Xiaomi 12 tiba-tiba merosot dalam hal harga? Apa yang mungkin menjadi penyebabnya? Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam tentang spesifikasi Xiaomi 12 yang patut dipertimbangkan dan faktor-faktor yang memengaruhi penurunan harga yang mengejutkan ini.

Xiaomi 12 harga

Bacaan Lainnya

Spesifikasi Unggulan Xiaomi 12

Xiaomi 12 memang tak bisa dipandang sebelah mata. Dari segi spesifikasi, ponsel ini menawarkan sejumlah fitur unggulan yang membuatnya layak diperhitungkan. Salah satunya adalah chipset Snapdragon 8 gen 1 yang digunakan, sebuah kekuatan yang tak bisa diremehkan. Dengan daya pemrosesan yang luar biasa cepat, Xiaomi 12 mampu menjalankan berbagai aplikasi dan tugas multitasking dengan lancar.

Layar AMOLED lengkung yang dimilikinya juga menjadi salah satu daya tarik utama. Dengan resolusi yang tajam dan reproduksi warna yang mengagumkan, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang memukau. Selain itu, layar lengkung ini memberikan tampilan yang elegan dan modern.

Harga Terjangkau dengan Spesifikasi Tinggi

Salah satu hal yang membuat Xiaomi 12 semakin menarik adalah penurunan harga yang signifikan. Dari harga awal yang tinggi, kini Anda bisa memiliki Xiaomi 12 dengan harga di bawah Rp7 jutaan. Ini tentu saja menjadi berita baik bagi mereka yang mencari ponsel flagship dengan anggaran terbatas.

Artikel Menarik Lainnya:   Temukan HP RAM 4GB Harga Murah di Bawah 2 Juta Terbaik

Meskipun ada beberapa kekurangan, seperti daya tahan baterai yang terbatas, Xiaomi 12 tetap menjadi pilihan yang sangat menarik. Ponsel ini tidak hanya menghadirkan performa tinggi, tetapi juga kualitas gambar yang luar biasa. Kamera dengan resolusi tinggi pada Xiaomi 12 memungkinkan Anda mengabadikan momen-momen berharga dengan detail yang tajam.

Realme C21 HP 1 Jutaan Ram 4GB, Layar IPS LCD dan Baterai 5.000mAh.

Apa Penyebab Penurunan Harga?

Meskipun belum ada informasi resmi mengenai alasan penurunan harga Xiaomi 12, spekulasi telah mencuat. Salah satu teori yang banyak beredar adalah persiapan kedatangan Xiaomi 13. Perusahaan ini mungkin berusaha membersihkan stok Xiaomi 12 dengan menurunkan harganya.

Selain itu, kemungkinan Xiaomi 12 menghadapi kesulitan dalam menjual ponsel flagship dengan harga di atas Rp8 jutaan. Pasar ponsel mewah memang penuh persaingan ketat, dan Xiaomi 12 mungkin harus bersaing dengan pesaingnya untuk mempertahankan pangsa pasar.

Detail Spesifikasi Xiaomi 12

Berikut adalah detail spesifikasi Xiaomi 12 yang patut dipertimbangkan:

SPESIFIKASI
UMUM
Tahun Rilis 2022
Jaringan 2G, 3G, 4G, 5G
SIM Card Dual SIM (Slot Khusus)
eSIM Tidak
BODY
Dimensi 152.7 x 69.9 x 8.16 mm
Berat 180 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya
LAYAR UTAMA
Jenis Super AMOLED
Ukuran 6.28 inci
Refresh Rate 120 Hz
Resolusi 1080 x 2400 piksel
Rasio 20:9
Kerapatan 419 ppi
Proteksi Corning Gorilla Glass Victus
Fitur Lainnya – Touch sampling rate 480 Hz
– Dolby Vision
– HDR10+
– Tingkat kecerahan puncak 1100 nit
HARDWARE
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
CPU Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
GPU Adreno 730
MEMORI
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Memori Eksternal Tidak Ada
KAMERA UTAMA
Jumlah Kamera 3
Konfigurasi
50 MP (wide), f/1.88
13 MP (ultrawide), f/2.4
5 MP (telephoto macro), f/2.4
Fitur PDAF, AF, OIS, Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama, Video: Hingga 8K@24fps, gyro-EIS
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera 1
Konfigurasi
32 MP (wide), f/2.45
Fitur HDR, panorama, Video: 1080p@30/60fps
KONEKTIVITAS
WLan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE
Infrared Ada
NFC Ada
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, BDS, NavIC
USB Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
BATERAI
Jenis Li-Po
Kapasitas 4500 mAh
Fitur Pengisian cepat 67W (klaim 100% dalam 39 menit), pengisian cepat nirkabel 50W, pengisian balik nirkabel 10W, Power Delivery 3.0, Quick Charge 4+
FITUR
OS (Saat Rilis) Android 12, MIUI 13
Sensor Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, giroskop, proksimitas, kompas, spektrum warna
Jack 3.5mm Tidak Ada
Warna Abu-Abu, Biru, Ungu
Fitur Lainnya – Speaker stereo, disetel oleh Harman Kardon
– Audio resolusi tinggi 24-bit/192kHz

Kelebihan Xiaomi 12

  1. Chipset Snapdragon 8 gen 1 yang Kuat: Xiaomi 12 mengandalkan chipset Snapdragon 8 gen 1, yang merupakan salah satu yang terbaik di pasar. Ini memberikan daya pemrosesan luar biasa, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi berat dan bermain game dengan lancar.
  2. Layar AMOLED Lengkung yang Elegan: Ponsel ini dilengkapi dengan layar AMOLED lengkung yang tidak hanya tajam secara visual, tetapi juga memberikan tampilan yang elegan. Reproduksi warna yang akurat dan tingkat kecerahan yang tinggi membuat pengalaman menonton dan bermain game semakin memikat.
  3. Harga Terjangkau: Salah satu kelebihan utama Xiaomi 12 adalah penurunan harga yang signifikan. Dengan harga di bawah Rp7 jutaan, ponsel ini menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya.
  4. Kamera Berkualitas Tinggi: Xiaomi 12 dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan detail yang tajam. Fitur-fitur fotografi canggih seperti mode malam dan pemotretan dalam kondisi cahaya rendah membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk fotografi.
  5. Speaker Stereo Harman Kardon: Kualitas suara pada Xiaomi 12 tidak boleh diremehkan. Dengan speaker stereo Harman Kardon, pengguna dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik yang luar biasa dengan suara jernih dan kaya.

Kekurangan Xiaomi 12

  1. Daya Tahan Baterai yang Terbatas: Salah satu kekurangan yang paling mencolok pada Xiaomi 12 adalah daya tahan baterai yang terbatas. Pengguna mungkin perlu mengisi ulang ponsel ini lebih sering daripada yang diinginkan, terutama dengan penggunaan intensif.
  2. Persaingan Ketat di Pasar Ponsel Mewah: Xiaomi 12 bersaing di pasar ponsel mewah yang sangat kompetitif. Ini berarti bahwa ponsel ini harus bersaing dengan pesaingnya yang memiliki nama besar dan reputasi yang kuat.
  3. Kurangnya Informasi Resmi Mengenai Penurunan Harga: Meskipun harga Xiaomi 12 telah turun, kurangnya informasi resmi mengenai alasan penurunan harga ini dapat membuat konsumen merasa ragu. Beberapa mungkin mengkhawatirkan dampaknya terhadap dukungan dan pembaruan perangkat.

Kesimpulan

Meskipun harga Xiaomi 12 telah mengalami penurunan yang cukup drastis, ponsel ini tetap menjadi opsi menarik bagi pengguna yang mencari gadget dengan performa unggul. Dengan desain yang modern, layar AMOLED lengkung, sensor sidik jari di dalam layar, dan speaker stereo Harman Kardon, Xiaomi 12 menawarkan nilai yang sulit untuk diabaikan.

Sementara alasan pasti di balik penurunan harga ini mungkin masih menjadi misteri, yang jelas, Xiaomi 12 tetap menjadi ponsel yang patut dipertimbangkan untuk mereka yang menginginkan kombinasi antara harga terjangkau dan spesifikasi tinggi.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!