Cara Reset Handphone Samsung dengan Mudah.

Masih bingung bagaimana cara reset handphone Samsung agar kembali ke setelan pabrik? atau mungkin Anda pernah mengalami saat-saat menjengkelkan di mana handphone Samsung kesayangan Anda tiba-tiba berjalan dengan lambat yang begitu mengganggu kenyamanan penggunaan? Sebagian besar dari kita mungkin pernah merasakannya. Entah itu akibat serangan virus, kesalahan sistem yang tak terduga, atau perangkat yang kerap kali mengalami keluhan. Dalam situasi seperti ini, terkadang satu-satunya jalan keluar yang efektif adalah melakukan reset.

Cara Reset Handphone Samsung

Tetapi jangan khawatir, kami hadir dengan panduan praktis tentang cara mereset HP Samsung dengan mudah. Dengan langkah-langkah yang kami bagikan, Anda akan dapat mengembalikan HP Samsung Anda ke performa optimalnya dalam waktu singkat. So, tidak perlu stres lagi dengan HP yang lemot, karena solusinya ada di tangan Anda!

Cara Reset Handphone Samsung Melalui Pengaturan

Ada beberapa cara reset Handphone Samsung yang dapat dilakukan, agar handphone menjadi lancar kembali. Salah satunya adalah dengan cara reset melalui pengaturan. Bagaimana langkah-langkahnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

  1. Masuk ke Pengaturan (Settings): Buka aplikasi Pengaturan di handphone Anda.
  2. Buka Bagian Manajemen Umum (General Management): Di dalam menu Pengaturan, cari dan ketuk opsi “Manajemen Umum” atau “General Management.”
  3. Pilih Reset: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Reset” dan ketuk itu.
  4. Pilih Factory Data Reset: Di dalam menu Reset, Anda akan melihat opsi “Factory Data Reset.” Ketuk opsi ini.
  5. Konfirmasi Reset: Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan ini. Ketuk tombol “Delete All” untuk melanjutkan proses reset.
  6. Verifikasi (jika diperlukan): Jika Anda telah mengamankan handphone Anda dengan PIN atau kata sandi, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkannya sebagai verifikasi. Hal yang sama berlaku jika handphone Anda terhubung dengan akun Samsung.
Artikel Menarik Lainnya:   Cara Ganti Password WiFi Indihome untuk Keamanan Terbaik

Proses reset akan dimulai, dan setelah selesai, handphone Anda akan kembali ke pengaturan awal.

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen di HP Xiaomi!

Cara Reset Handphone Samsung Melalui Mode Recovery

Cara reset HP samsung kedua adalah melalui Mode Recovery dan langkah-langkahnya seperti yang dijelaskan berikut ini.

  1. Matikan Handphone: Matikan handphone Samsung Anda seperti biasa.
  2. Tekan Tombol Power dan Volume Up (dan lainnya jika ada): Tekan dan tahan bersama-sama tombol Power dan Volume Up (dan tombol lain seperti Bixby atau Home jika ada) hingga Anda melihat logo Samsung.
  3. Masuk ke Mode Recovery: Setelah logo Samsung muncul, lepaskan tombol Power tanpa melepaskan tombol Volume Up.
  4. Navigasi dengan Tombol Volume: Anda akan masuk ke dalam Mode Recovery, yang umumnya tidak mendukung pengoperasian dengan layar sentuh. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan memilih menu, serta tombol Power untuk mengkonfirmasi pilihan.
  5. Pilih Wipe Data/Factory Reset: Di dalam Mode Recovery, cari opsi “Wipe Data” atau “Factory Reset” dan ketuk itu.
  6. Konfirmasi Reset: Setelah memilih opsi reset, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan ini. Pilih “Yes” untuk melanjutkan proses reset.
  7. Reboot Handphone: Setelah proses reset selesai, pilih opsi “Reboot System Now” untuk menghidupkan kembali handphone Anda.

Untuk perangkat Samsung yang menjalankan One UI 3 berbasis Android 11 ke atas dengan chipset selain Qualcomm Snapdragon, ada langkah tambahan yang perlu Anda lakukan. Anda perlu menghubungkannya dengan komputer atau handphone lain menggunakan kabel data sebelum menekan kombinasi tombol Power dan Volume Up.

Dengan mengikuti salah satu Cara Reset Handphone Samsung di atas, Anda dapat dengan mudah mereset handphone Samsung Anda dan mengatasi berbagai masalah teknis yang mungkin muncul. Jangan lupa untuk selalu melakukan cadangan data penting sebelum mereset handphone Anda untuk menghindari kehilangan data yang berharga.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!