Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Aplikasi perpesanan WhatsApp (WA) memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang dikirimnya. Hal ini kadang membuat pengguna penasaran dengan isi pesan yang dikirim tersebut, lantaran jika sudah dihapus maka isi pesan akan otomatis hilang.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan isi pesan WhatsApp yang sudah dihapus?

Bacaan Lainnya

3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Secara umum, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus, baik yang di pesan pribadi maupun di grup WA. Berikut informasinya:

1. Melalui Notification Log

Cara yang pertama untuk bisa melihat isi pesan WA yang sudah dihapus oleh si pengirim adalah melalui fitur notification log atau riwayat notifikasi yang ada di aplikasi WA.

Untuk melakukannya, Anda perlu menambahkan widget bernama “Notification Log” atau “Log Pemberitahuan” di home screen ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Klik home screen ponsel Anda dan tahan dengan waktu yang cukup lama.

Pilih opsi “Widget”.

Cari widget bernama “Notification Log” atau “Log Pemberitahuan”.

Letakkan widget tersebut di mana saja pada home screen.

Setelah widget tersebut terpasang, maka semua riwayat notifikasi chat WhatsApp akan kembali tersimpan secara otomatis di fitur notification log. Termasuk notifikasi chat WA yang sudah dihapus.

2. Melalui Fitur Reply

Cara kedua untuk mengembalikan chat WA yang sudah dihapus adalah melalui fitur reply. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk mengembalikan chat di grup saja.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Download Video di Twitter PC Dan HP.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka grup WA yang berisi chat yang ingin Anda kembalikan.

Cari chat yang ingin Anda kembalikan.

Ketuk dan tahan chat tersebut.

Pilih opsi “Reply”.

Ketik pesan apa pun di kolom reply.

Setelah Anda mengetik pesan apa pun di kolom reply, maka chat yang ingin Anda kembalikan akan muncul di bawahnya. Anda bisa membaca isi chat tersebut dengan menekannya.

Cara Membuat Google Form di Laptop Dan HP Yang Menarik, Mudah Serta Cepat.

3. Melalui Backup Chat

Cara ketiga untuk mengembalikan chat WA yang sudah dihapus adalah melalui backup chat. Cara ini bisa dilakukan jika Anda sebelumnya telah membuat backup chat WhatsApp.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Uninstall aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda.

Install kembali aplikasi WhatsApp.

Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, Anda akan diminta untuk memulihkan chat dari backup.

Pilih opsi “Pulihkan”.

WhatsApp akan mengambil file backup chat dari perangkat Anda dan memulihkannya ke aplikasi WhatsApp. Semua chat yang tersimpan di file backup akan kembali muncul di aplikasi WhatsApp.

Tips untuk Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Berikut beberapa tips untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus:

Buatlah backup chat WhatsApp secara rutin. Dengan membuat backup chat secara rutin, Anda bisa memulihkan chat yang terhapus dengan mudah.

Aktifkan fitur notification log. Fitur notification log dapat membantu Anda untuk melihat isi pesan WA yang sudah dihapus.

Gunakan fitur reply untuk mengembalikan chat di grup. Fitur reply dapat memudahkan Anda untuk mengembalikan chat di grup.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Terkadang, kita ingin membaca kembali chat WhatsApp yang sudah dihapus. Namun, hal itu tidak mudah, karena chat yang sudah dihapus akan hilang secara permanen. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Anda Diblokir oleh Orang Lain

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda bisa kembali membaca isi chat yang sebelumnya telah dihapus oleh pengirim. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya jika Anda ingin membaca kembali chat WhatsApp yang penting bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!