Cara Membuat Google Form di Laptop Dan HP Yang Menarik, Mudah Serta Cepat.

Cara Membuat Google Form–Google Form adalah salah satu platform online yang menyediakan layanan pembuatan formulir dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Google Form, pengguna dapat membuat formulir dengan berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, hingga pertanyaan skala. Keuntungan utama dari Google Form adalah kemudahan penggunaannya. Bahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi, membuat formulir dengan Google Form terasa mudah dan praktis.

Cara membuat google form di pc

Bacaan Lainnya

Selain itu, Google Form juga memudahkan pengguna dalam mengumpulkan dan menganalisis data hasil survei atau kuesioner. Meskipun memiliki banyak keuntungan, Google Form juga memiliki kekurangan, seperti terbatasnya kustomisasi dan desain formulir serta keterbatasan dalam pengaturan privasi. Namun, dengan kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika Google Form menjadi salah satu platform online yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, bisnis kecil, hingga perusahaan besar.

2 Cara Membuat Google Form

Sebagai salah satu alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan data atau informasi dari orang-orang dengan cara yang terstruktur. Ada berbagai jenis pertanyaan yang dapat digunakan pada Google Form, termasuk pilihan ganda, isian singkat, pertanyaan skala, dan lainnya.

Ada dua cara membuat Google Form, yaitu menggunakan laptop atau PC, atau menggunakan perangkat seluler. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memilih cara yang tepat.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan dua cara membuat Google Form dengan langkah-langkah yang mudah diikuti dan dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang jelas. Mari kita mulai dengan cara pertama, yaitu membuat Google Form menggunakan laptop atau PC.

Cara Membuat Google Form di Laptop

Membuat Google Form di laptop sangat mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Google Form di laptop:

  1. Buka browser dan kunjungi halaman Google Form. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke halaman Google Form, klik tombol “+ Blank” untuk membuat formulir baru.
  3. Anda dapat memberikan judul pada formulir Anda pada bagian “Judul Formulir”.
  4. Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+ Tambahkan Pertanyaan” di bagian bawah formulir.
  5. Pilih jenis pertanyaan yang ingin ditambahkan, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau pertanyaan skala.
  6. Setelah memilih jenis pertanyaan, tulis pertanyaan Anda di kotak yang disediakan. Anda juga dapat menambahkan opsi jawaban atau instruksi tambahan.
  • Menentukan bentuk jawaban
Artikel Menarik Lainnya:   Cara Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis

Setelah menambahkan pertanyaan pada Google Form, langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk jawaban yang diinginkan. Berikut adalah beberapa jenis bentuk jawaban yang dapat dipilih pada Google Form:

  • Pilihan Ganda: memungkinkan responden untuk memilih satu atau lebih jawaban dari beberapa opsi yang disediakan.
  • Isian Singkat: memungkinkan responden untuk memberikan jawaban singkat dalam beberapa kata atau kalimat.
  • Paragraf: memungkinkan responden untuk memberikan jawaban dalam bentuk paragraf atau tulisan panjang.
  • Skala Linier: memungkinkan responden untuk memberikan penilaian dalam skala tertentu, seperti skala 1-10.
  • Kotak Centang: memungkinkan responden untuk memilih satu atau lebih jawaban dari beberapa opsi yang disediakan dengan kotak centang.
  • Pemilihan bentuk jawaban yang tepat sangat penting dalam pengumpulan data atau informasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan jenis jawaban yang sesuai dengan tujuan dan konten formulir Anda.7Anda dapat menambahkan pertanyaan baru dengan mengulangi langkah 4 hingga 6.

7. Untuk menyelesaikan formulir, klik tombol “Selesai” di bagian atas formulir.

8. Anda dapat mengirim formulir Anda melalui tautan atau menambahkannya ke situs web Anda dengan menyalin dan menempel kode yang diberikan.

Itulah langkah-langkah mudah cara membuat Google Form di laptop. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengumpulkan data atau informasi yang Anda butuhkan.

Cara Membuat Google Form di HP

Cara membuat google form di hp

Membuat Google Form di HP dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi Google Form yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Google Form di HP:

  1. Buka aplikasi Google Form di HP Anda.
  2. Klik tombol “+” di bagian bawah layar untuk membuat formulir baru.
  3. Anda dapat memberikan judul pada formulir Anda pada bagian “Judul Formulir”.
  4. Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+” di bagian bawah layar.
  5. Pilih jenis pertanyaan yang ingin ditambahkan, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau pertanyaan skala.
  6. Setelah memilih jenis pertanyaan, tulis pertanyaan Anda di kotak yang disediakan. Anda juga dapat menambahkan opsi jawaban atau instruksi tambahan.
  7. Anda dapat menambahkan pertanyaan baru dengan mengulangi langkah 4 hingga 6.
  8. Untuk menyelesaikan formulir, klik tombol “Selesai” di bagian atas layar.
Artikel Menarik Lainnya:   15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Terbaik Subtitle Indonesia

Anda dapat mengirim formulir Anda melalui tautan atau menambahkannya ke situs web Anda dengan menyalin dan menempel kode yang diberikan.

Itulah langkah-langkah mudah cara membuat Google Form di HP. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengumpulkan data atau informasi yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Cara Download Video Dari Facebook Favorit Anda Cepat Dan Simpel.

Tips cara membuat google form yang menarik

Membuat Google Form yang menarik dan efektif membutuhkan perencanaan dan pengetahuan tentang cara menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Berikut adalah beberapa tips cara membuat Google Form yang menarik:

  1. Tentukan Tujuan Formulir: Tentukan tujuan dan target responden Anda sebelum membuat formulir. Dengan mengetahui tujuan formulir, Anda dapat menentukan jenis pertanyaan, jenis jawaban, dan gaya umum formulir Anda.
  2. Gunakan Gaya yang Menarik: Tambahkan gambar atau video, atur format teks dengan baik, dan pilih warna tema yang menarik untuk membuat formulir Anda lebih menarik. Hal ini dapat membuat responden merasa lebih tertarik untuk mengisi formulir Anda.
  3. Pertanyaan yang Jelas dan Spesifik: Buat pertanyaan yang jelas dan spesifik agar responden tidak bingung dalam memberikan jawaban. Hindari pertanyaan yang terlalu umum atau ambigu.
  4. Gunakan Pertanyaan Wajib: Gunakan fitur pertanyaan wajib untuk memastikan bahwa responden memberikan jawaban pada setiap pertanyaan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas data yang Anda terima.
  5. Pertanyaan yang Relevan: Pastikan setiap pertanyaan relevan dengan tujuan formulir Anda. Hindari pertanyaan yang tidak diperlukan atau tidak berkaitan dengan topik yang sedang dibahas.
  6. Sederhana dan Mudah Digunakan: Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami untuk memastikan bahwa formulir Anda mudah digunakan oleh responden. Hal ini dapat meningkatkan jumlah respons yang Anda terima.
Artikel Menarik Lainnya:   Cara Daftar Shopee PayLater Agar Di Acc

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membuat Google Form yang menarik dan efektif dalam mengumpulkan data atau informasi yang Anda butuhkan.

Cara membagikan Google Form

Setelah Anda membuat Google Form, langkah selanjutnya adalah membagikan formulir tersebut agar responden dapat mengisi formulir. Berikut adalah cara membagikan Google Form:

  • Bagikan Tautan: Cara termudah untuk membagikan formulir adalah dengan membagikan tautan langsung ke formulir tersebut. Anda dapat menyalin tautan dari bagian atas halaman formulir dan membagikannya melalui email, pesan instan, atau media sosial.
  • Gunakan Fitur Bagikan: Google Forms memiliki fitur Bagikan yang memungkinkan Anda untuk membagikan formulir dengan lebih mudah. Klik pada tombol “Bagikan” di bagian atas kanan halaman formulir, kemudian pilih cara yang ingin Anda gunakan untuk membagikan formulir, seperti email atau link ke situs web.
  • Masukkan ke Situs Web atau Blog: Jika Anda memiliki situs web atau blog, Anda dapat menambahkan formulir ke situs tersebut dengan menyematkan kode HTML yang disediakan oleh Google Forms.
  • Bagikan Melalui QR Code: Google Forms juga memiliki fitur untuk membuat kode QR yang dapat digunakan untuk membagikan formulir. Klik pada tombol “QR code” di bagian atas kanan halaman formulir, kemudian unduh kode QR tersebut dan bagikan ke responden.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah membagikan Google Form yang telah Anda buat kepada responden. Pastikan Anda memilih cara yang paling sesuai untuk responden Anda agar formulir dapat diisi dengan mudah dan efektif.

Kesimpulan

Dalam membuat Google Form, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti menentukan tujuan formulir, menentukan jenis pertanyaan, dan memilih cara untuk membagikan formulir. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat Google Form dengan mudah dan efektif. Google Form juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti survey, penilaian, atau pendaftaran.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun Google Form memiliki banyak keuntungan, seperti kemudahan penggunaan dan fitur yang lengkap, namun juga terdapat beberapa kekurangan seperti keterbatasan dalam menyesuaikan tampilan formulir. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan penggunaan Google Form dengan kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!