Aplikasi X Akan Hapus Fitur Circles Mulai 31 Oktober 2023

Kabar mengejutkan datang dari aplikasi Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X. Mereka berencana untuk menghapus fitur Circles mulai bulan depan, tepatnya sejak 31 Oktober 2023. Keputusan ini akan berlaku untuk pengguna di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir oleh Telset dari Engadget pada Senin (25/09/2023), X telah mengumumkan bahwa fitur Circles akan dihentikan pada tanggal yang telah disebutkan. Hal ini berarti pengguna tidak akan lagi dapat menambahkan orang ke dalam Circles mereka atau membuat posting baru yang terbatas pada grup yang erat.

Dalam pernyataan resmi di situs mereka, X menjelaskan, “Aplikasi X Akan Hapus Fitur Circles mulai 31 Oktober 2023. Setelah tanggal ini, Anda tidak akan dapat membuat postingan baru yang terbatas pada Circles Anda, dan Anda juga tidak akan dapat menambahkan orang baru ke dalam Circles. Namun, Anda tetap dapat menghapus orang dari Circles Anda dengan berhenti mengikuti mereka.”

Keputusan drastis ini tidak terlepas dari masalah keamanan yang terjadi pada bulan April tahun ini. Saat itu, pengguna melaporkan adanya bug yang mengungkapkan tweet Circle mereka kepada pengguna yang seharusnya tidak dapat melihatnya. Insiden keamanan ini hanya merupakan salah satu dari sejumlah masalah teknis yang dihadapi oleh situs web ini sejak Elon Musk mengambil alih kepemimpinan.

Circles sendiri diluncurkan pada bulan Agustus 2022 setelah melalui hampir empat bulan masa uji coba. Fitur ini mirip dengan fitur “Close Friends” yang ada di Instagram, yang memungkinkan pengguna berbagi pemikiran mereka dengan orang-orang yang mereka percayai atau dengan mereka yang memiliki minat yang sama, tanpa harus membuat Stories yang terlihat oleh semua orang.

Fitur ini sangat cocok bagi mereka yang prihatin akan privasi mereka di platform media sosial dan bagi mereka yang tidak ingin membuat akun mereka sepenuhnya terbuka untuk semua pengguna. Sebelumnya, X telah mencatat bahwa pengguna yang menggunakan Circles lebih aktif dalam berbagi pemikiran selama masa uji coba tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:   Telkomsel Lite: Paket Hemat Tepat Sasaran untuk Kebutuhan Internet Anda

Namun, tampaknya fitur ini tidak berhasil menarik perhatian sebagian besar pengguna sehingga dianggap tidak cukup penting untuk tetap ada dalam situs web ini. Oleh karena itu, X akhirnya memutuskan untuk menghapus fitur Circles dari semua pengguna mulai bulan depan.

Keputusan ini tentu saja akan berdampak pada cara pengguna X berinteraksi dan berbagi konten di platform ini. Bagaimana reaksi dan perubahan yang akan terjadi seiring dengan penghapusan fitur Circles ini, hanya waktu yang akan menjawabnya. Kami akan terus mengikuti perkembangan selanjutnya terkait dengan langkah besar ini dari aplikasi X.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!