7 Cara Menghemat Baterai HP Infinix

Dalam era ponsel pintar yang semakin canggih seperti sekarang, kebanyakan perangkat, baik yang berada di level entri maupun flagship, dilengkapi dengan dukungan baterai berkapasitas besar. Hal ini bertujuan untuk menyokong segala aktivitas pengguna sepanjang hari. Salah satu produsen ponsel yang menonjol dengan fitur ini adalah Infinix, yang ponsel-ponselnya sering kali dibekali baterai minimal 5.000mAh untuk menjawab kebutuhan daya pengguna.

Cara Menghemat Baterai HP Infinix

Namun, kendati dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi, ponsel Infinix tetap bisa mengalami kehabisan daya yang lebih cepat jika pengaturan penggunaannya kurang tepat. Hal ini dapat mengakibatkan durasi penggunaan perangkat menjadi lebih singkat, memaksa pengguna untuk melakukan pengisian ulang yang lebih sering. Selain itu, kesehatan baterai juga dapat menurun seiring dengan penggunaan yang lama, sehingga kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan terus berkurang.

Cara Menghemat Baterai HP Infinix

Untuk tetap hemat dan memaksimalkan penggunaan baterai, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba jika Anda menggunakan perangkat buatan Infinix:

1. Menonaktifkan Fungsi yang Tidak Digunakan

Terkadang, tanpa disadari, beberapa fungsi pada ponsel seperti WiFi, lokasi, NFC, Hotspot, atau Bluetooth akan terus-menerus melakukan pemindaian meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini dapat membuat penggunaan daya menjadi lebih boros. Untuk menghemat daya perangkat, Anda dapat mematikan beberapa fungsi tersebut apabila sudah tidak digunakan. Anda dapat memanfaatkan tombol pintasan yang ada di panel Quick Settings untuk lebih praktis.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Menggunakan Mi Remote di HP Xiaomi Untuk TV dan AC

2. Menutup Aplikasi di Belakang Layar

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar juga dapat menjadi salah satu penyebab cepat habisnya baterai perangkat. Mereka akan mengonsumsi sumber daya ponsel, termasuk energi listrik, saat menjalankan berbagai tugas. Menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar dapat mengurangi penggunaan daya perangkat dan meningkatkan kinerja RAM, sehingga ponsel akan berjalan lebih lancar.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Selain menutup aplikasi yang tidak digunakan, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menghapusnya jika memang sudah tidak dibutuhkan. Cara ini lebih efektif dalam mengurangi konsumsi daya perangkat. Untuk aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus, Anda dapat mencopot pembaruan dan menonaktifkannya jika memungkinkan.

4. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Penggunaan daya lebih tinggi diperlukan untuk menghasilkan kecerahan tinggi pada layar, terutama pada teknologi panel yang menggunakan LED. Untuk menghemat daya, Anda dapat mengurangi tingkat kecerahan layar. Mematikan opsi kecerahan otomatis dan mengaturnya ke tingkat terendah dapat menjadi alternatif yang lebih baik.

5. Memakai Mode Gelap

Jika ponsel Infinix Anda menggunakan panel OLED atau AMOLED, Anda dapat menghemat konsumsi daya baterai dengan mengaktifkan tema gelap. Saat tema gelap aktif, lampu LED yang digunakan untuk memproduksi warna akan dimatikan saat menampilkan warna hitam, mengurangi konsumsi daya perangkat.

6. Menurunkan Setelan Refresh Rate

Banyak ponsel masa kini, termasuk yang buatan Infinix, memiliki teknologi layar dengan refresh rate tinggi. Namun, pengaturan refresh rate tinggi dapat meningkatkan penggunaan daya ponsel. Anda dapat mengurangi refresh rate ke pengaturan terendah untuk menghemat daya baterai.

Cara Membuat Google Form di Laptop Dan HP Yang Menarik, Mudah Serta Cepat.

Artikel Menarik Lainnya:   2 Cara Reset HP Xiaomi Tanpa Kehilangan Data Lama.

7. Memanfaatkan Fitur Penghemat Daya

Infinix menyediakan fitur Battery Saver yang dapat membantu menghemat daya secara lebih baik, terutama saat kapasitas baterai sudah sangat rendah. Anda juga dapat memanfaatkan fitur Power Boost yang tersedia di halaman Power Marathon untuk meningkatkan efisiensi penggunaan daya.

Jika semua cara di atas belum dapat mengatasi masalah konsumsi daya di ponsel Infinix Anda, sebaiknya Anda membawa perangkat ke pusat perbaikan. Baterai yang boros juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen seperti IC atau baterai itu sendiri.

Dengan mengikuti tips Cara Menghemat Baterai HP Infinix di atas, Anda dapat memaksimalkan penggunaan baterai pada ponsel Infinix Anda. Selain itu, langkah-langkah ini juga akan membantu menjaga kesehatan baterai Anda agar dapat digunakan lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menghemat daya baterai ponsel Infinix Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!