Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G, Penantang Baru di Pasar Smartphone Kelas Menengah.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G–Dalam era yang terus berkembang pesat ini, Xiaomi telah mengguncang pasar smartphone dengan meluncurkan Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G, sebuah perangkat yang menggabungkan inovasi terkini dengan harga yang tetap terjangkau. Dengan harga yang tak terbayangkan sekitar Rp. 3 Jutaan, perangkat ini telah meredefinisi standar untuk smartphone kelas menengah. Mari kita telusuri lebih dalam tentang bagaimana Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G menghadirkan perubahan luar biasa dalam dunia teknologi mobile.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G harga dan spesifikasi

Bacaan Lainnya

Review Lengkap Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G telah mencuri perhatian berkat fitur-fitur mengesankan dan harga yang tak terbayangkan. Dijual dengan harga hanya Rp. 3 Jutaan, Xiaomi telah mengubah lanskap smartphone kelas menengah dengan Redmi Note 9 Pro 5G.

Desain & Layar

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G memiliki layar 6,6 inci dengan resolusi tajam 1080 x 2400 piksel dan tingkat penyegaran 120 Hz yang cepat. Yang membedakan layar ini adalah teknologi tampilan adaptifnya, menawarkan berbagai tingkat penyegaran mulai dari 30Hz hingga 120Hz. Selain itu, layar ini memiliki tingkat sampling sentuhan 240Hz dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Perlu diingat bahwa baik bagian depan maupun belakang Redmi Note 9 Pro 5G dilapisi dengan Gorilla Glass 5, memberikan kesan premium pada perangkat ini. Meskipun menggunakan panel IPS, kualitas tampilannya luar biasa, terutama jika mempertimbangkan harganya. Dimensi perangkat ini adalah panjang 165,4 mm, lebar 76,8 mm, dan tebal 9 mm, dengan berat 215 gram. Xiaomi menawarkan tiga pilihan warna: Gray, Blue, dan gradien Red/Mint yang memukau.

Kamera

Penyusunan kamera belakang yang berbentuk lingkaran dan kamera depan punch-hole menambah daya tarik visual Redmi Note 9 Pro 5G. Kualitas kamera ini patut diacungi jempol, dengan perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama 108 megapiksel yang luar biasa dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 yang mendukung 9-in-1 pixel binning.

Artikel Menarik Lainnya:   Praktis!! Cara Melihat Keranjang Di TikTok Shop.

Resolusi kamera utama ini sebanding dengan Samsung Note 20 Ultra, meskipun kualitasnya mungkin berbeda. Selain kamera utama, ada tiga kamera belakang tambahan. Kamera kedua adalah lensa ultrawide 8 megapiksel, diikuti oleh dua kamera 2 megapiksel untuk pemotretan makro dan deteksi kedalaman. Xiaomi juga dilengkapi pengaturan kamera belakang Redmi Note 9 Pro 5G dengan Gyro-EIS dan Dual LED Tone Flash.

Untuk selfie, perangkat ini mengandalkan kamera depan 16 megapiksel, yang juga dilengkapi dengan Gyro-EIS. Ini berarti pengguna Redmi Note 9 Pro 5G dapat merekam video yang stabil menggunakan kamera depan. Berbicara tentang perekaman video, perangkat ini dapat merekam video 4K pada 30fps dengan kamera belakang dan video Full HD 1080p pada 30fps dengan kamera depan.

5 HP Xiaomi di Bawah 2 Jutaan yang Layak Dibeli

Perangkat Keras & Perangkat Lunak

Beralih ke performa, Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm SM7225 Snapdragon 750G 5G. Ini memiliki prosesor Octa-core (2×2,2 GHz Kryo 570 & 6×1,8 GHz Kryo 570) dan GPU Adreno 619. Kombinasi ini memberikan performa impresif, membuat gaming dan multitasking menjadi lebih mudah.

Redmi Note 9 Pro 5G unggul dalam hal gaming, berkat layar dengan tingkat penyegaran 120Hz yang memastikan gameplay yang lancar. Perangkat ini berjalan pada Android 10 dengan antarmuka MIUI 12, memberikan pengalaman yang stabil dan ramah pengguna. Tersedia tiga varian memori: 6GB RAM + 128GB penyimpanan internal, 8GB RAM + 128GB penyimpanan internal, dan 8GB RAM + 256GB penyimpanan internal. Ketiga varian ini dilengkapi dengan slot kartu microSD, yang ditempatkan dengan nyaman bersama slot kartu SIM kedua.

Fitur & Koneksi

Salah satu fitur yang mencolok adalah kemampuan Pengisian Cepat 33W, memungkinkan baterai 4.820 mAh untuk mencapai pengisian penuh hanya dalam 58 menit. Kapasitas baterai yang besar memastikan daya tahan baterai yang lama.

Dalam hal keamanan, Redmi Note 9 Pro 5G dilengkapi dengan Sensor Sidik Jari yang ditempatkan di samping untuk akses yang mudah. Ini juga mencakup sensor lain seperti accelerometer, gyro, proximity, dan kompas. Ketika berbicara tentang konektivitas, perangkat ini menawarkan NFC, Infrared, Bluetooth v5.1, dan Wi-Fi Dual Band. Ini juga dilengkapi dengan USB Type-C dan teknologi 5G dengan dua slot kartu SIM.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Berikut adalah ringkasan spesifikasi kunci dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G:

Dimensi:

Panjang: 165,4 mm
Lebar: 76,8 mm
Ketebalan: 9 mm
Berat: 215 g

Layar:

Jenis Panel: IPS LCD
Ukuran: 6,53 inci
Resolusi: 1080 x 2400 piksel
Rasio Aspek: 20:9
Kepadatan Piksel: ~395 ppi
Proteksi: Corning Gorilla Glass 5

Warna Tersedia: Gray, Blue, Red/Mint

Perangkat Keras & Perangkat Lunak:

Chipset: Qualcomm SM7225 Snapdragon 750G 5G
Prosesor: Octa-core (2×2,2 GHz Kryo 570 & 6×1,8 GHz Kryo 570)
GPU: Adreno 619

Sistem Operasi: Android 10 dengan MIUI 12

RAM: 6GB / 8GB
Penyimpanan Internal: 128GB / 256GB
Penyimpanan Eksternal: microSDXC

Kamera:

Kamera Belakang:
Kamera Utama 108 MP
Kamera Ultrawide 8 MP
Kamera Makro 2 MP
Sensor Kedalaman 2 MP
Kamera Depan: 16 MP
Perekaman Video: 4K@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS

Koneksi:

Kartu SIM: Dual SIM
Internet: HSPA, LTE
Wi-Fi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
Port USB: USB Type C
GPS: Dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS

Baterai:

Kapasitas: Baterai Li-Po 4.820 mAh yang tidak dapat dilepas
Pengisian Cepat: Pengisian baterai cepat 33W

Sensor:

Sensor Sidik Jari (ditempatkan di samping), accelerometer, proximity, kompas

Harga

Untuk harganya di Tiongkok, berikut adalah angka terbaru untuk Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G:

RAM 6GB / Penyimpanan Internal 128GB: ¥1599 (sekitar Rp. 3,4 Jutaan)
RAM 8GB / Penyimpanan Internal 128GB: ¥1799 (sekitar Rp. 3,8 Jutaan)
RAM 8GB / Penyimpanan Internal 256GB: ¥1999 (sekitar Rp. 4,3 Jutaan)

Perlu diingat bahwa Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G utamanya dipasarkan di Tiongkok. Di Indonesia, Redmi Note 9 tersedia dengan spesifikasi yang lebih rendah. Jika dirilis di Indonesia, nama produknya mungkin akan berbeda. Di Tiongkok, Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G dibanderol mulai dari Rp. 3,4 Jutaan untuk varian terendah. Sementara untuk varian tertinggi sekitar Rp. 4,3 Jutaan.

Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Kamera Unggulan: Salah satu kelebihan utama dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G adalah kamera utamanya yang memiliki resolusi 108 megapiksel. Ini adalah salah satu kamera terbaik yang dapat Anda temukan pada smartphone kelas menengah. Hasil foto yang dihasilkan sangat tajam dan detail, bahkan dalam kondisi cahaya yang rendah.

Layar Berkualitas Tinggi: Perangkat ini dilengkapi dengan layar 6,6 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel dengan tingkat penyegaran 120 Hz. Layar ini menawarkan gambar yang jernih, warna yang hidup, dan responsif terhadap sentuhan, membuat pengalaman pengguna yang luar biasa.

Performa Tangguh: Ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 750G 5G dan RAM hingga 8GB, Redmi Note 9 Pro 5G memberikan kinerja yang impresif. Ini mampu menangani berbagai tugas, termasuk gaming berat dan multitasking tanpa masalah.

Konektivitas 5G: Dengan teknologi 5G yang dimilikinya, perangkat ini siap untuk menghadapi era konektivitas 5G yang akan datang. Ini berarti Anda dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi dan pengalaman streaming yang lancar.

Baterai Besar dan Pengisian Cepat: Dengan baterai 4.820 mAh, Redmi Note 9 Pro 5G menawarkan daya tahan baterai yang baik. Selain itu, fitur pengisian cepat 33W memungkinkan Anda mengisi baterai dengan cepat, menghemat waktu.

Desain Premium: Dengan lapisan kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, perangkat ini memberikan kesan premium. Desainnya yang elegan dan pilihan warna yang menarik membuatnya tampak seperti smartphone yang lebih mahal.

NFC dan Infrared: Redmi Note 9 Pro 5G dilengkapi dengan fitur NFC, yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran nirkabel dan menghubungkan perangkat lain dengan cepat. Selain itu, ada juga fitur infrared yang berguna untuk mengendalikan perangkat elektronik lainnya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Tidak Tersedia di Semua Pasar: Salah satu kelemahan utama adalah ketersediaan yang terbatas. Redmi Note 9 Pro 5G utamanya dipasarkan di Tiongkok, sehingga mungkin sulit ditemukan di pasar lain.

Beban Tambahan dengan MIUI: Meskipun MIUI 12 memiliki banyak fitur yang berguna, beberapa pengguna mungkin merasa bahwa antarmuka pengguna tersebut memiliki beberapa aplikasi bawaan yang tidak diinginkan atau iklan yang mengganggu.

Harga di Luar Tiongkok: Jika produk ini akan diimpor dari Tiongkok, biaya tambahan seperti pajak impor dan ongkos kirim mungkin membuat harga menjadi lebih tinggi daripada yang diharapkan.

Tidak Ada Layar AMOLED: Meskipun layarnya berkualitas tinggi, perangkat ini masih menggunakan panel IPS, bukan layar AMOLED. Layar AMOLED umumnya menawarkan warna yang lebih dalam dan kontras yang lebih tinggi.

Bobot yang Berat: Dengan berat 215 gram, Redmi Note 9 Pro 5G termasuk perangkat yang agak berat dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Hal ini dapat membuatnya terasa agak besar dan kurang nyaman bagi beberapa pengguna.

Kamera Makro dan Sensor Kedalaman Rendah: Meskipun ada kamera makro dan sensor kedalaman, beberapa pengguna mungkin merasa bahwa fitur ini tidak begitu berguna dalam kehidupan sehari-hari, dan kualitas gambar yang dihasilkan mungkin tidak selalu konsisten.

Penting untuk diingat bahwa kelebihan dan kekurangan perangkat dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan apa yang paling penting bagi Anda dalam smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News miui.id

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!