WhatsApp Perkenalkan Fitur Keamanan Baru: Sembunyikan Alamat IP pada Panggilan

WhatsApp kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan memperkenalkan fitur keamanan yang sangat dinanti-nantikan, yaitu kemampuan untuk menyembunyikan atau melindungi alamat IP pengguna selama melakukan panggilan dengan pengguna lain. Peningkatan signifikan ini dapat ditemukan dalam versi terbaru WhatsApp untuk Android dan iOS.

Dilansir dari GSM Arena pada Kamis (09/11/2023), fitur terbaru ini memberikan pengguna kemampuan untuk merahasiakan alamat IP mereka selama panggilan, memberikan lapisan keamanan tambahan. WhatsApp akan menyembunyikan alamat IP pengguna dari pihak lain melalui server WhatsApp, menjaga kerahasiaan dan melindungi lokasi dunia nyata pengguna.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga menambahkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna untuk membungkam penelepon yang tidak dikenal. Dengan fitur ini, serangan cyber yang canggih terhadap data pengguna dapat dicegah secara efektif, meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

Cara Aktifkan Fitur Sembunyikan Alamat IP

Aktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut di dalam aplikasi WhatsApp:

  1. Ketuk Settings
  2. Buka Privacy
  3. Pilih Advanced
  4. Ketuk Protect IP address in calls

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan tingkat keamanan panggilan Anda, meskipun perlu diingat bahwa proses ini dapat mengurangi kualitas panggilan.

Update Aplikasi untuk Mendapatkan Fitur Proteksi Alamat IP

Penting untuk selalu menggunakan versi terbaru aplikasi WhatsApp. Pastikan untuk melakukan update aplikasi Anda guna menikmati semua keunggulan fitur ini. Fitur sembunyikan alamat IP merupakan tambahan berharga dalam daftar fitur keamanan WhatsApp, yang sebelumnya meluncurkan fitur Passkey untuk Android.

Keamanan Ganda dengan Passkey: Login Lebih Aman dan Mudah

Sebagai langkah tambahan untuk meningkatkan keamanan, WhatsApp juga meluncurkan fitur Passkey untuk Android. Fitur ini dirancang untuk membuat proses login lebih aman dan mudah. Passkey menggantikan kata sandi konvensional dengan kunci terenkripsi baru berupa kode rahasia.

Artikel Menarik Lainnya:   Call Center Telkomsel 24 Jam Untuk Pengaduan

Anda hanya perlu menggunakan autentikasi biometrik sidik jari atau wajah untuk memperoleh Passkey, menghilangkan kebutuhan akan metode autentikasi dua faktor seperti pengiriman OTP melalui SMS dan email. Dengan Passkey, pengguna dapat terhindar dari bahaya pembajakan kata sandi dan upaya phishing.

Kapan Passkey Tersedia di iOS?

Hingga saat ini, fitur Passkey baru tersedia di platform Android, dan belum ada informasi mengenai kapan akan hadir di iOS dan perangkat lainnya. WhatsApp terus berkomitmen untuk menyediakan fitur-fitur keamanan terbaru demi melindungi pengguna secara menyeluruh.

Dengan penambahan fitur sembunyikan alamat IP dan Passkey, WhatsApp terus menjadi pionir dalam memberikan pengalaman pengguna yang aman dan terpercaya. Pastikan untuk selalu mengikuti pembaruan aplikasi untuk menjaga keamanan dan privasi Anda di era digital ini.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!