5 Cara Screenshot di HP Samsung, Cepat Dan Mudah!

Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk mengambil tangkapan layar di HP Samsung menjadi hal yang penting untuk berbagai keperluan, mulai dari menyimpan percakapan, merekam momen bermain game, hingga mengabadikan dokumen penting. Meskipun sebagian besar pengguna sudah familiar dengan proses ini, masih ada yang belum memahami dengan baik cara melakukan screenshot di HP Android, termasuk untuk seri Samsung terbaru. Pada panduan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai 5 cara praktis untuk membuat tangkapan layar di HP Samsung.

Cara Screenshot di HP Samsung

1. Screenshot dengan Swipe/ Sapuan Tangan

Di sistem operasi terbaru One UI, cara mengambil screenshot di HP Samsung dapat dilakukan dengan mudah menggunakan swipe layar dari kiri ke kanan. Namun, fitur ini biasanya perlu diaktifkan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Settings dan pilih Advanced Features.
  2. Selanjutnya, masuk ke bagian Motions and Gestures.
  3. Aktifkan opsi Palm Swipe to Capture.

2. Screenshot dengan Tombol Volume + Power

Cara ini umumnya dikenal oleh pengguna HP Samsung seri A, J, S, M, dan Galaxy Note. Prosesnya sangat sederhana, cukup tekan dan tahan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan. Jika ponsel Anda masih menggunakan tombol Home, tekan dan tahan tombol Power dengan tombol Home bersamaan.

3. Screenshot dengan S Pen

Pemilik seri Samsung Galaxy Note Series dan Samsung Galaxy S21 Ultra yang mendukung S Pen dapat menggunakan fitur ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan menu Air Command atau tekan tombol di S Pen.
  2. Pada Samsung Galaxy S21 Ultra, aktifkan menu S Pen di bagian Advanced Features.
  3. Pilih Screen Write untuk mengambil screenshot.
  4. Tambahkan catatan jika diperlukan, lalu tekan tombol Save atau Share.
Artikel Menarik Lainnya:   Cara Menghubungi Call Center Smartfren

4. Rolling Screenshot (Panjang)

Mengambil tangkapan layar panjang di HP Samsung sangat mudah. Setelah melakukan screenshot, temukan tombol panah ke bawah yang biasanya terletak di menu paling kiri. Tekan tombol tersebut sampai mencapai area yang diinginkan, dan otomatis screenshot panjang akan disimpan di ponsel Anda.

5. Screenshot dengan Bixby Voice

Beberapa seri HP Samsung mendukung pengambilan screenshot melalui fitur asisten digital Bixby Voice. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar.
  2. Tekan dan tahan tombol samping HP.
  3. Tekan hingga muncul suara Bixby Voice.
  4. Ucapkan “Hy Bixby took a screenshot.”
  5. Bixby secara otomatis akan menyimpan screenshot di ponsel.

Dengan menguasai salah satu dari lima metode ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di HP Samsung sesuai kebutuhan Anda. Cobalah satu atau lebih metode yang sesuai dengan preferensi Anda dan nikmati kemudahan proses screenshot di perangkat Samsung Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!