Bagaimana Cara Update MIUI Di HP Xiaomi? Temukan Jawabannya di Sini

Masih bingung bagaimana cara update MIUI di HP Xiaomi? Tidak usah kuatir, kali ini Anda beradi di tempat yang tepat. Sebagai pemilik HP Xiaomi, pasti Anda tahu betapa pentingnya untuk selalu menjaga sistem operasi MIUI Anda tetap up-to-date. MIUI yang terbaru bukan hanya sekadar update rutin biasa, tetapi ini adalah cara baru menikmati fitur-fitur canggih, peningkatan keamanan, dan kinerja yang lebih baik. Namun, bagaimana sebenarnya cara melakukan pembaruan MIUI di HP Xiaomi Anda? Di dalam artikel ini, kami akan membahas metode lengkap untuk meng-update MIUI, mulai dari yang paling sederhana hingga yang lebih advanced. Siap untuk memperoleh ilmu baru yang akan membantu Anda menjaga perangkat Xiaomi selalu dalam kondisi terbaik.

Cara Update MIUI Melalui Menu Updater

Bagi para pengguna Xiaomi, pembaruan MIUI adalah cara penting untuk menjaga perangkat agar tetap up-to-date dengan fitur-fitur terbaru dan perbaikan keamanan. Meskipun Xiaomi menyediakan pembaruan otomatis (OTA) yang nyaman, tidak jarang pengguna yang ingin melakukan pembaruan secara manual. Mungkin Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin tahu cara update MIUI secara manual. Silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bacaan Lainnya

Cara Memperbarui MIUI Melalui Menu Updater

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah melalui menu Updater yang sudah ada di setiap perangkat Xiaomi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Download ROM MIUI Terbaru: Unduh file ROM MIUI terbaru dari sumber yang terpercaya.
  2. Buka Menu Setelan: Buka menu Setelan pada perangkat Anda dan pilih opsi “Tentang Ponsel.”
  3. Pilih Pembaharuan System: Pada layar “Tentang Ponsel,” pilih opsi “Pembaharuan System.”
  4. Klik Tiga Titik: Klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar.
  5. Pilih Paket Pembaharuan: Pilih opsi “Pilih Paket Pembaharuan” dan temukan berkas ROM MIUI terbaru yang telah Anda unduh sebelumnya.
  6. Pilih Penyimpanan: Setelah memilih berkas ROM, Anda akan diminta memilih jenis penyimpanan, seperti Kartu SD atau Penyimpanan Internal. Pilih opsi yang sesuai.
  7. Konfirmasi: Terakhir, klik tombol “Hapus Dan Perbarui” untuk memulai proses pembaruan. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Cek dan Daftar Ponsel Xiaomi yang Mendapatkan Update MIUI 15

Cara Update MIUI Melalui TWRP

Selain melalui Updater, Anda juga dapat menggunakan custom recovery TWRP untuk melakukan pembaruan MIUI. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh ROM MIUI: Unduh ROM MIUI terbaru dari sumber yang terpercaya.
  2. Matikan Perangkat: Matikan perangkat Xiaomi Anda.
  3. Masuk ke TWRP: Tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan, tahan sejenak, lalu lepaskan. Pilih menu “Wipe” dan lakukan “Swipe to Factory Reset.”
  4. Instal ROM MIUI: Pilih opsi “Install” dan pilih berkas ROM MIUI yang telah Anda unduh. Geser untuk mengonfirmasi proses pembaruan.
  5. Reboot: Setelah pembaruan selesai, pilih “Reboot now.”

Proses pembaruan melalui TWRP mungkin akan memakan waktu, tetapi jika berhasil, perangkat Anda akan berjalan dengan versi MIUI terbaru.

Cara Update MIUI Melalui Fastboot

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, mungkin perangkat Xiaomi Anda menggunakan ROM MIUI versi distributor tidak resmi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan pembaruan melalui mode Fastboot. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh Firmware Fastboot: Unduh firmware Fastboot Xiaomi terbaru yang sesuai dengan model perangkat Anda.
  2. Unduh MI Flash Tool: Unduh juga MI Flash Tool.
  3. Matikan Perangkat: Matikan perangkat Xiaomi Anda, lalu tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan, tahan hingga perangkat masuk ke Fastboot Mode.
  4. Jalankan MI Flash Tool: Jalankan MI Flash Tool dan pilih folder Firmware Fastboot yang telah Anda ekstrak ke drive C:.
  5. Pilih Opsi “Clean All”: Pastikan Anda memberi tanda centang pada opsi “Clean All” di bawah MI Flash Tool.
  6. Hubungkan ke Komputer: Hubungkan perangkat Xiaomi Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan MI Flash Tool mendeteksi perangkat Anda.
  7. Mulai Proses Pembaruan: Klik tombol “Flash” untuk memulai proses pembaruan. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

Jika Anda melihat pesan “Success” pada MI Flash Tool, perangkat Xiaomi Anda akan reboot dengan versi MIUI terbaru.

Akhir Kata

Demikianlah panduan lengkap tentang cara update MIUI pada perangkat Xiaomi Anda. Proses pembaruan ini sangat penting untuk menjaga perangkat Anda tetap up-to-date dan mendapatkan akses ke fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Xiaomi. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi semua proses pembaruan MIUI Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Daftar Shopee PayLater Agar Di Acc