Rekrutmen Bersama BUMN Akan Kembali Dibuka Tahun Ini, Catat Tanggalnya

Rekrutmen Bersama BUMN–Pemerintah Indonesia bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali membuka program rekrutmen bersama untuk tahun ini. Program ini memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia. Bagi kamu yang ingin bergabung dengan perusahaan BUMN, simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang program rekrutmen bersama BUMN.

Rekrutmen bersama BUMN

Apa itu Program Rekrutmen Bersama BUMN?

Program Rekrutmen Bersama BUMN adalah sebuah program kerja sama antara pemerintah Indonesia dan BUMN yang bertujuan untuk merekrut calon karyawan yang berkualitas dan potensial untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia. Program ini telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir dan berhasil merekrut banyak karyawan yang berkualitas dan berpotensi.

Baca juga: 7 Fitur Baru Xiaomi MIUI 14, Aman Dengan Tampilan Lebih Segar.

Kapan Program Rekrutmen Bersama BUMN akan Dibuka?

Pada tahun ini, program rekrutmen bersama BUMN akan dibuka pada tanggal 1 Mei 2023. Program ini akan berlangsung selama satu bulan penuh, dimulai dari tanggal 1 Mei hingga 31 Mei 2023. Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program ini, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dan tidak melewatkan kesempatan ini.

Artikel Menarik Lainnya:   Update Terbaru Paket Internet Telkomsel Murah 2023

Syarat dan Ketentuan untuk Mengikuti Program Rekrutmen Bersama BUMN

Untuk dapat mengikuti program rekrutmen bersama BUMN, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi antara lain:

1. Warga Negara Indonesia

Program rekrutmen bersama BUMN hanya ditujukan untuk warga negara Indonesia, sehingga kamu harus memiliki KTP sebagai bukti kebangsaan.

2. Usia Minimal 18 Tahun

Untuk dapat mengikuti program rekrutmen bersama BUMN, kamu harus memiliki usia minimal 18 tahun pada saat mendaftar.

3. Pendidikan Minimal SMA/SMK

Untuk posisi yang tersedia pada program rekrutmen bersama BUMN, biasanya mensyaratkan pendidikan minimal SMA/SMK. Namun, untuk beberapa posisi tertentu, dapat mensyaratkan pendidikan yang lebih tinggi.

4. Tidak Bertatto atau Bertindik

Sebagian besar perusahaan BUMN memiliki kebijakan mengenai tato dan tindik yang tidak boleh dimiliki oleh karyawan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak memiliki tato atau tindik pada bagian tubuh yang terlihat saat mengikuti tes atau saat bekerja di perusahaan BUMN.

5. Tidak Terlibat dalam Tindak Kriminal

Sebagai calon karyawan yang berkualitas, pastikan kamu tidak terlibat dalam tindak kriminal yang dapat merugikan perusahaan BUMN dan masyarakat luas.

Proses Seleksi pada Program Rekrutmen Bersama BUMN

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan untuk mengikuti program rekrutmen bersama BUMN, kamu akan melalui beberapa tahap seleksi untuk dapat diterima sebagai karyawan BUMN. Tahap seleksi tersebut antara lain:

1. Seleksi Administrasi

Tahap pertama seleksi adalah seleksi administrasi, di mana kamu harus mengisi formulir pendaftaran secara online dan melampirkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti fotokopi KTP, ijazah, dan sertifikat pendukung lainnya. Pastikan dokumen yang kamu lampirkan asli dan valid.

Artikel Menarik Lainnya:   Alasan Kenapa TikTok Shop Ditutup 4 Oktober 2023 Pukul 17.00 WIB

2. Seleksi Kompetensi

Setelah lolos seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah seleksi kompetensi. Pada tahap ini, kamu akan diuji kemampuan bahasa Inggris, kemampuan analisis, kepribadian, serta wawasan mengenai dunia kerja.

3. Seleksi Kesehatan

Tahap selanjutnya adalah seleksi kesehatan, di mana kamu akan diperiksa kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kamu dalam kondisi fisik dan mental yang sehat dan dapat bekerja dengan baik.

4. Seleksi Psikologi

Tahap terakhir adalah seleksi psikologi, di mana kamu akan diuji psikologi untuk mengetahui kemampuan dan kesiapanmu dalam menghadapi tantangan dan tekanan di lingkungan kerja.

Jadwal rekrutmen bersama BUMN

Berikut Informasinya Berikut jadwal lengkapnya:

Pendaftaran: 5-20 Mei 2023

Pengumuman seleksi administrasi: 1 Juni 2023

TKD dan AKHLAK: 10-19 Juni 2023

Pengumuman hasil TKD: 10-19 Juni 2023

Tes bahasa Inggris: 8-12 Juli 2023

Pengumuman tes bahasa Inggris: 19 Juli 2023

Tes oleh BUMN: 22 Juli-9 Agustus 2023

Pengumuman final: 16 Agustus 2023

Manfaat Bergabung dengan Perusahaan BUMN

Bergabung dengan perusahaan BUMN memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Gaji yang Kompetitif

Perusahaan BUMN memberikan gaji yang kompetitif dan menarik untuk karyawan yang bergabung dengan mereka. Selain itu, perusahaan BUMN juga memberikan tunjangan-tunjangan lain seperti asuransi kesehatan dan tunjangan pensiun.

2. Pengembangan Karir yang Jelas

Perusahaan BUMN memiliki sistem pengembangan karir yang jelas dan terstruktur, sehingga kamu dapat memperoleh pelatihan dan pengalaman kerja yang berharga untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuanmu.

3. Kesejahteraan Karyawan

Perusahaan BUMN memiliki program kesejahteraan karyawan yang lengkap, termasuk program kesehatan, rekreasi, dan fasilitas karyawan lainnya.

Kesimpulan

Program Rekrutmen Bersama BUMN merupakan kesempatan besar bagi kamu yang ingin bergabung dengan perusahaan BUMN. Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan, serta mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tahap seleksi yang akan dilalui. Bergabung dengan perusahaan BUMN memiliki banyak manfaat, seperti gaji yang kompetitif, pengembangan karir yang jelas, dan kesejahteraan karyawan yang lengkap.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!

Artikel Menarik Lainnya:   Mengapa Two-Factor Authentication (2FA) Penting untuk Keamananmu?