Perbandingan Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24: Memilih Flagship Terbaik

Samsung Galaxy S24, yang dirilis pada Januari 2024 secara global dan diikuti dengan perilisan di pasar Indonesia, tampaknya menjadi jawaban bagi mereka yang menginginkan pengalaman menggunakan ponsel flagship dengan harga yang masih terjangkau. Sebagai penerus Galaxy S23 yang dirilis pada Februari 2023, Samsung Galaxy S24 menawarkan sejumlah peningkatan yang signifikan, terutama dalam sektor layar, baterai, dan performa. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari kita telusuri beberapa Perbandingan Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24.

Perbandingan Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24

1. Desain: Frame Datar vs Frame Melengkung

Meskipun secara umum desain Galaxy S24 dan Galaxy S23 tidak berbeda jauh, perbedaan mencolok dapat terasa saat Anda memegang keduanya secara langsung. Galaxy S24 memiliki frame yang lebih datar, menciptakan pengalaman genggam yang mirip dengan iPhone. Di sisi lain, Galaxy S23 memiliki frame yang lebih melengkung. Meskipun keduanya menggunakan frame dari aluminium, Galaxy S24 menggunakan Gorilla Glass Victus 3 yang lebih baru dan tangguh dibandingkan dengan Gorilla Glass Victus 2 yang digunakan oleh Galaxy S23. Keunggulan ini membuat Galaxy S24 lebih tahan terhadap benturan dan goresan dari benda tumpul atau tajam.

Bacaan Lainnya
Artikel Menarik Lainnya:   Spesifikasi Chipset Samsung Galaxy Tab A9+ Terungkap di Google Play Console

2. Layar: Kecerahan Lebih Tinggi dan Perlindungan Generasi Baru

Layar adalah salah satu aspek penting dari pengalaman pengguna ponsel flagship. Galaxy S24 meningkatkan kemampuan kecerahan cahaya hingga 2600 nit, signifikan lebih tinggi daripada Galaxy S23 yang hanya mencapai 1750 nit. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat dengan jelas tulisan atau gambar di bawah sinar matahari. Meskipun perbedaan ukuran layar hanya 0,1 inci, keduanya sudah mendukung resolusi Full HD Plus dan HDR10+, serta memiliki refresh rate 120 Hz.

Perlindungan layar juga menjadi perhatian, dan Galaxy S24 unggul dengan menggunakan Gorilla Glass Victus 3 dibandingkan dengan Gorilla Glass Victus 2 pada Galaxy S23. Ini memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap benturan dan goresan.

3. Performa: Snapdragon 8 Gen 2 vs Exynos 2400

Galaxy S23 menarik perhatian dengan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, bahkan sebagai model basic. Galaxy S24, di sisi lain, kembali ke chipset buatan Samsung sendiri, Exynos 2400. Meski Exynos 2400 kalah dengan Snapdragon 8 Gen 3 yang digunakan oleh model di atasnya, jika dibandingkan dengan Galaxy S23, Exynos 2400 menawarkan performa sedikit lebih tinggi.

Spesifikasi chipset menunjukkan perbedaan yang mencolok, dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy memiliki fabrikasi 4 nm dan delapan inti CPU, sementara Exynos 2400 juga memiliki fabrikasi 4 nm tetapi dengan 10 inti CPU. Perbedaan ini memberikan Galaxy S24 keunggulan dalam hal efisiensi dan kualitas grafis.

4. Baterai: Kapasitas yang Sedikit Lebih Besar

Galaxy S24 membawa peningkatan kecil dalam sektor baterai dengan kapasitas 4000 mAh, sedangkan Galaxy S23 memiliki baterai 3900 mAh. Meski perbedaan kapasitas tidak signifikan, keduanya menawarkan ketahanan baterai yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Keduanya juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya yang sama, mampu mengisi 50 persen daya dalam waktu 30 menit.

Artikel Menarik Lainnya:   Rahasia Fitur Circle to Search pada Galaxy S24 Series!

5. Harga dan Ketersediaan

Galaxy S23 dirilis pada Februari 2023 dengan harga sekitar Rp10,9 jutaan untuk varian 128 GB dan Rp12,6 jutaan untuk varian 256 GB. Sementara itu, Galaxy S24, dirilis pada Januari 2024, memiliki harga mulai dari Rp13,9 jutaan untuk varian 256 GB, dan Rp15,9 jutaan untuk varian 512 GB. Selama masa pre-order, konsumen dapat mendapatkan penawaran menarik, termasuk varian memori 512 GB saat membeli varian 256 GB.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24

Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24, sebagai dua flagship terbaru dari Samsung, memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan bagi calon pembeli. Mari kita bahas secara detail masing-masing untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat.

Kelebihan Samsung Galaxy S24:

1. Desain Premium dengan Perlindungan Tinggi:

  • Frame yang datar memberikan tampilan modern, mirip dengan iPhone.
  • Menggunakan Gorilla Glass Victus 3 pada layar, memberikan perlindungan superior terhadap goresan dan benturan.
  • Desain yang tetap tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68.

2. Layar Lebih Terang dan Kualitas Grafis Tinggi:

  • Layar Dynamic AMOLED 2X yang lebih terang dengan kemampuan mencapai 2600 nit.
  • Resolusi Full HD Plus dan dukungan HDR10+ untuk pengalaman multimedia yang luar biasa.
  • Refresh rate 120 Hz untuk pergerakan layar yang mulus.

3. Performa Tinggi dengan Exynos 2400:

  • Chipset Exynos 2400 dengan fabrikasi 4 nm dan 10 inti CPU memberikan performa yang efisien dan kualitas grafis tinggi.
  • Penggunaan GPU Samsung Xclipse 940 dengan frekuensi 1200 MHz untuk pengalaman bermain game dan tugas grafis.

4. Kapasitas Baterai yang Sedikit Lebih Besar:

  • Baterai 4000 mAh memberikan daya tahan yang baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • Fitur pengisian daya cepat 25 W dan dukungan pengisian daya nirkabel 15 W.
Artikel Menarik Lainnya:   Samsung Galaxy S24 Ultra 5G, Lebih Dari Sekedar SmartPhone Biasa.

5. Penawaran Menarik selama Pre-order:

  • Selama masa pre-order, konsumen dapat memperoleh varian memori 512 GB saat membeli varian 256 GB, memberikan nilai tambah yang signifikan.

6. Jaminan Update Sistem 7 Tahun:

  • Samsung memberikan jaminan pembaruan sistem hingga 7 tahun, menjamin keberlanjutan dan pembaruan perangkat lunak untuk waktu yang lama.

Kekurangan Samsung Galaxy S24:

1. Harga Lebih Tinggi:

  • Harga Galaxy S24 lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy S23, sehingga mungkin tidak sesuai bagi yang memiliki anggaran terbatas.

2. Performa yang Tidak Sebaik Snapdragon 8 Gen 3:

  • Meskipun Exynos 2400 menawarkan performa yang baik, ia kalah dari Snapdragon 8 Gen 3 yang digunakan oleh beberapa model flagship lain.

Kelebihan Samsung Galaxy S23:

1. Harga Lebih Terjangkau:

  • Galaxy S23 menawarkan pilihan harga yang lebih terjangkau, membuatnya lebih dapat diakses oleh konsumen dengan anggaran yang lebih ketat.

2. Performa yang Cukup Baik:

  • Snapdragon 8 Gen 2 memberikan performa yang memuaskan, terutama dengan peningkatan clock speed yang membuatnya bersaing dengan baik di kelasnya.

3. Pilihan Warna yang Menarik:

  • Tersedia dalam beberapa varian warna yang menarik seperti Phantom Black, Cream, Green, Lavender, Graphite, dan Lime.

4. Varian Memori yang Beragam:

  • Tersedia dalam dua pilihan memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB, memberikan fleksibilitas kepada konsumen.

Kekurangan Samsung Galaxy S23:

1. Perlindungan Layar yang Tidak Sebaik Gorilla Glass Victus 3:

  • Galaxy S23 menggunakan Gorilla Glass Victus 2, yang tidak sekuat dan seketat perlindungan terhadap goresan dan benturan seperti Gorilla Glass Victus 3 pada Galaxy S24.

2. Kecerahan Layar yang Sedikit Lebih Rendah:

  • Kecerahan maksimal layar Galaxy S23 adalah 1750 nit, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Galaxy S24.

Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Pemilihan antara keduanya sebagian besar tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu, serta sejauh mana pengguna bersedia mengalokasikan anggaran. Galaxy S24 menawarkan peningkatan yang signifikan dalam desain, layar, dan performa, tetapi dengan harga yang lebih tinggi. Sementara itu, Galaxy S23 tetap menjadi pilihan menarik bagi yang mencari solusi yang lebih terjangkau dengan performa yang memadai. Silakan pilih berdasarkan prioritas dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Sebagai model yang paling terjangkau di serinya, Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24 menawarkan pengalaman flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Meski perbedaan di antara keduanya tidak begitu mencolok, Galaxy S24 menonjol dengan desain bingkai yang lebih rata, perlindungan layar yang lebih baik, kualitas grafis yang unggul, dan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar. Dengan penawaran menarik selama pre-order dan jaminan update sistem hingga 7 tahun, Galaxy S24 menjadi pilihan yang layak untuk penggunaan jangka panjang. Tentu, pilihan antara Galaxy S23 dan Galaxy S24 tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Silakan bagikan pendapat dan alasan Anda di kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!