6 Cara Menghemat Baterai OPPO Reno10 5G Agar Tahan Lebih Lama.

Cara Menghemat Baterai OPPO Reno10 5G–OPPO Reno10 5G telah menjadi salah satu perangkat yang banyak diminati berkat kapasitas baterainya yang besar, yaitu 5.000mAh. Dengan daya sebesar itu, OPPO telah mengklaim bahwa ponsel ini mampu bertahan lama dalam penggunaan sehari-hari. Namun, seperti yang kita ketahui, daya tahan baterai bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk aktivitas pengguna.

Cara Menghemat Baterai OPPO Reno10 5G

 

Melalui pengujian sebelumnya, OPPO Reno10 5G berhasil mencatatkan skor pengujian PCMark for Android yang mengesankan, mencapai 15 jam 45 menit pada refresh rate 60Hz. Ketika refresh rate ditingkatkan menjadi 120Hz, perangkat ini masih mampu bertahan dengan skor 14 jam 22 menit yang patut diacungi jempol. Penting untuk dicatat bahwa parameter pengujian mencakup penggunaan mode Work 3.0 Battery Life, layar dengan tingkat kecerahan 50%, dan baterai yang terisi penuh sebesar 100%.

10 Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas Berkualitas Dan Layak Dibeli.

Namun, kita juga perlu memahami bahwa daya tahan baterai Reno10 5G dapat bervariasi bergantung pada kebiasaan aktivitas pengguna. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan daya tahan baterai perangkat ini, terutama saat berpergian jauh atau berada di lokasi yang sulit menemukan sumber daya listrik, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Cara Menghemat Baterai OPPO Reno10 5G

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Pada OPPO Reno10 5G, Anda sudah memiliki fitur Auto Brightness yang cerdas. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya di sekitar Anda. Misalnya, saat Anda berada di lingkungan yang terang, tingkat kecerahan layar akan ditingkatkan. Sebaliknya, ketika Anda berada di lingkungan gelap, tingkat kecerahan akan menurun.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Mengatasi Masalah Pada Mobile Banking BRI

Namun, perlu diingat bahwa jika Auto Brightness tetap aktif tanpa pengawasan, hal ini dapat mengonsumsi lebih banyak energi karena tingkat kecerahan akan terus berfluktuasi. Anda dapat mematikan fitur Auto Brightness dan mengatur tingkat kecerahan layar secara manual, yang akan membantu menjaga konsumsi daya lebih stabil.

2. Gunakan Wallpaper Gelap

Layar OPPO Reno10 5G menggunakan teknologi AMOLED, yang memungkinkannya menghadirkan konten dengan kualitas gambar yang luar biasa. Teknologi AMOLED juga memiliki fitur unik di mana piksel layar dapat dimatikan secara individu, khususnya pada area yang hitam.

Dengan memilih wallpaper yang dominan berwarna hitam, Anda dapat menghemat daya baterai. Selain itu, OPPO Reno10 5G memiliki fitur Always On Display yang menampilkan informasi penting seperti jam, tanggal, notifikasi, persentase baterai, dan lainnya pada latar belakang berwarna hitam. Fitur ini sangat berguna karena tidak menguras daya baterai dengan cepat.

3. Aktifkan Fitur Power Saving

Ketika Anda sedang dalam perjalanan atau tidak menggunakan layar perangkat secara intensif, Anda dapat mengaktifkan fitur Power Saving Mode. Fitur ini membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya baterai. Namun, jika baterai Anda sudah mencapai tingkat kritis antara 15% hingga 5%, Anda dapat mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode. Fitur ini akan membuat daya tahan baterai menjadi sangat hemat, cocok untuk situasi darurat.

Super Power Saving Mode mengunci layar pada tampilan berlatar belakang hitam dan hanya memungkinkan 6 ikon aplikasi yang dapat diakses. Selain membatasi aplikasi yang berjalan, mode ini juga menonaktifkan beberapa fitur lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan energi.

4. Manfaatkan Airplane Mode

Fitur Airplane Mode tidak hanya berguna saat Anda naik pesawat. Anda juga dapat menggunakannya saat berada di daerah dengan sinyal seluler yang tidak stabil. Airplane Mode akan mematikan semua koneksi seluler, yang akan membantu menghemat daya baterai.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Menggunakan HyperOS Control Center di Semua Jenis Android

Jika perangkat harus terus-menerus beralih antara jaringan seluler, seperti dari 4G ke 3G, itu akan mengonsumsi daya lebih banyak. Aktifkan Airplane Mode jika Anda berada di daerah dengan sinyal yang buruk atau tidak stabil untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

5. Aktifkan Widget Secara Bijak

OPPO Reno10 5G dilengkapi dengan berbagai widget yang menampilkan informasi penting seperti jam, cuaca, kalender, dan lainnya. Meskipun widget ini bisa berguna, penggunaan terlalu banyak widget akan menghabiskan daya baterai.

Prioritaskan widget yang benar-benar Anda butuhkan di layar utama perangkat Anda. Hindari memasang terlalu banyak widget yang mungkin tidak begitu penting, karena hal ini akan memengaruhi daya tahan baterai.

6. Hapus Aplikasi Boros Daya

Beberapa aplikasi media sosial dan chat seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan lainnya bisa menghabiskan daya baterai dengan cepat. Aplikasi ini seringkali mengaktifkan notifikasi yang memerlukan penggunaan energi ekstra.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus atau membatasi penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat mengakses media sosial melalui browser di OPPO Reno10 5G, yang akan lebih hemat energi.

Dengan menerapkan tips-tips Cara Menghemat Baterai OPPO Reno10 5G di atas, Anda dapat meningkatkan daya tahan baterai OPPO Reno10 5G dan menjaga agar perangkat tetap berjalan sepanjang hari. Selain itu, ini juga akan membantu memperpanjang umur baterai perangkat Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!