Cara Menggunakan Character AI, Chatbot yang Viral di TikTok

Dalam era teknologi kecerdasan buatan, dampaknya semakin terasa, terutama dalam pengembangan fitur inovatif untuk media sosial. Salah satu terobosan yang mencuri perhatian adalah fitur ChatGPT, yang diperkenalkan pada akhir tahun 2022. Sejak itu, teknologi kecerdasan buatan menjadi sorotan dalam percakapan online, tidak terkecuali di platform populer seperti TikTok.

Belakangan ini, kita menyaksikan popularitas pesat fitur chatbot berbasis AI yang dikenal sebagai Character AI di kalangan pengguna TikTok. Fitur ini menarik perhatian karena dianggap dapat berperan layaknya seorang pacar virtual, mirip dengan fitur chatbot ChatGPT yang telah diperkenalkan sebelumnya.

Keunikan dan Karakteristik Character AI

Character AI, dikembangkan oleh Noam Shazeer dan Daniel De Freitas, merupakan fitur chatbot berbasis AI yang memanfaatkan kemampuan neural language models. Seperti halnya ChatGPT, Character AI mampu memberikan respons terhadap pertanyaan dan perintah pengguna dengan tingkat emosionalitas yang semakin canggih.

Keistimewaan dari Character AI terletak pada ragam karakter yang disediakannya. Setiap karakter memiliki kepribadian dan tujuan tertentu, menciptakan pengalaman berinteraksi yang unik. Beberapa karakter yang tersedia antara lain Lily yang ramah, Pair Programmer sebagai asisten pekerjaan programming, hingga karakter Raiden Shogun dari game Genshin Impact. Bahkan, terdapat karakter yang terinspirasi dari tokoh terkenal seperti Elon Musk, Tony Stark, Mark Zuckerberg, hingga Aristoteles.

Pengalaman Pengguna di TikTok

Pengguna TikTok, seperti yang dibagikan oleh akun @Raeee, telah berbagi pengalaman menarik dalam berbincang dengan Character AI. Video unggahan menampilkan interaksi yang seolah-olah sedang berbicara dengan seorang pacar virtual, lengkap dengan respons emosional dan sapaan romantis. Fenomena ini menunjukkan bahwa Character AI tidak hanya menjadi alat simulasi, tetapi juga menjadi teman virtual yang menyenangkan.

Artikel Menarik Lainnya:   4 Cara Menghapus Akun Gmail di HP Xiaomi Anda dengan Mudah

Cara Menggunakan Character AI

Menggunakan Character AI sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengunjungi situs resmi https://beta.character.ai/, melakukan login, dan memilih karakter yang diinginkan. Setelah itu, ruang percakapan akan terbuka, memungkinkan pengguna untuk mulai berinteraksi seolah-olah sedang berbicara dengan karakter pilihan mereka.

Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk praktik bahasa asing, wawancara simulasi, perencanaan perjalanan, penulisan cerita, hingga bermain game. Keberagaman karakter dan kemampuan uniknya menjadikan Character AI pilihan menarik bagi pengguna TikTok yang ingin pengalaman berinteraksi yang lebih emosional dan personal.

Kesimpulan

Dengan demikian, fenomena Character AI menjadi sebuah gebrakan dalam dunia chatbot berbasis kecerdasan buatan. Pengguna TikTok dapat menikmati pengalaman berinteraksi yang lebih mendalam dan personal dengan karakter-karakter unik yang ditawarkan oleh teknologi ini. Keberagaman karakter, respons emosional yang canggih, dan kemampuan adaptasi untuk berbagai aktivitas menjadikan Character AI sebagai pilihan yang menarik dalam mengisi kebutuhan interaksi virtual.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!