Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Grapari, singkatan dari Graha Pariwara, adalah layanan resmi Telkomsel yang membantu pengguna menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan kartu Telkomsel, seperti aktivasi kartu yang sudah hangus. Selain dikenal sebagai pusat layanan pelanggan fisik, Grapari Telkomsel menawarkan berbagai layanan online yang memungkinkan pelanggan mengakses berbagai fasilitas tanpa harus mengunjungi GraPARI offline secara langsung.

Dengan fokus pada pelayanan yang cepat dan efektif, Grapari Telkomsel menjadi pilihan utama bagi mereka yang menghadapi masalah seperti kartu yang tidak dapat digunakan lagi. Bagi pengguna yang ingin mendapatkan kembali nomor utama mereka, artikel ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana menggunakan Grapari untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah hangus.

Bacaan Lainnya

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Yang Sudah Hangus

Kartu Telkomsel yang sudah mati adalah kartu SIM Telkomsel yang masa aktifnya telah habis dan tidak diperpanjang. Kartu ini tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan, SMS, atau mengakses internet.

Kartu Telkomsel yang sudah mati akan ditandai dengan beberapa ciri-ciri, yaitu:

  • Tidak dapat melakukan panggilan keluar atau menerima panggilan masuk.
  • Tidak dapat mengirim atau menerima SMS.
  • Tidak dapat mengakses internet.

Kartu Telkomsel yang sudah mati dapat diaktifkan kembali dengan memenuhi beberapa syarat dan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan oleh Telkomsel.

Artikel Menarik Lainnya:   4 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Online Tanpa SMS, Pasti Berhasil.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Kartu SIM Telkomsel yang telah hangus dapat diaktifkan kembali dengan memenuhi beberapa syarat dan mengikuti langkah-langkah berikut.

Syarat Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Berikut adalah syarat-syarat mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus:

  • Kartu SIM Telkomsel yang hangus harus masih dalam masa tenggang, yaitu 30 hari setelah masa aktif habis.
  • Kartu SIM Telkomsel yang hangus harus masih dalam masa aktif selama 175 hari setelah masa tenggang berakhir.
  • Kartu SIM Telkomsel yang hangus harus masih dalam masa berlaku, yaitu 24 bulan sejak tanggal registrasi.
  • Pelanggan harus datang langsung ke GraPARI Telkomsel dengan membawa kartu SIM Telkomsel yang hangus, KTP, dan KK.

Langkah-langkah Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus:

  1. Datang ke GraPARI Telkomsel terdekat dengan membawa kartu SIM Telkomsel yang hangus, KTP, dan KK.
  2. Tunjukkan kartu SIM Telkomsel yang hangus kepada petugas GraPARI.
  3. Petugas akan melakukan pengecekan data pelanggan.
  4. Jika data pelanggan valid, petugas akan melakukan proses aktivasi kartu.
  5. Kartu SIM Telkomsel yang hangus akan aktif kembali setelah proses aktivasi selesai.

Tips agar Kartu Telkomsel tidak Hangus

Kartu yang hangus dapat menjadi masalah yang mengerikan, terutama jika kartu itu memiliki nomor utama Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan beberapa saran berikut:

1. Isi Pulsa secara Berkala: Pastikan untuk mengisi pulsa secara berkala pada kartu Telkomsel Anda untuk menjaga aktifitasnya dan mencegah hangusnya karena masa tenggang yang lewat.

2. Aktifkan Paket Data Internet: Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk mencegah kartu hangus. Ini memungkinkan Anda mengakses internet dengan cepat dan menjaga kartu tetap aktif.

Artikel Menarik Lainnya:   Mengenal TikTok Affiliate Dan Syarat Pengajuannya.

3. Registrasi Kartu Telkomsel dengan Benar: Sangat penting untuk memastikan bahwa kartu Telkomsel Anda terdaftar dengan benar dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ini untuk memastikan bahwa kartu Anda aman dan legal untuk digunakan.

4. Perhatikan Batas Waktu Pengisian Pulsa: Jangan tunggu sampai batas waktu pengisian pulsa tiba, biasanya sekitar 39 hari setelah kartu mati. Ini akan mencegah kartu hangus dan memudahkan aktivasi kembali jika diperlukan.

5. Manfaatkan Layanan GraPARI Online Jika Anda merasa sulit untuk mengakses GraPARI secara langsung offline, manfaatkan layanan praktis GraPARI online. Selain memungkinkan Anda mengaktifkan kartu yang hangus, layanan internet ini memungkinkan Anda melakukan sejumlah transaksi, seperti membeli modem Orbit dan beralih ke kartu Halo, antara lain.

6. Pertimbangkan Penggunaan Layanan 5G: Telkomsel memiliki jaringan 5G pertama di Indonesia, jadi jika kartu Anda mendukungnya, pertimbangkan untuk menggunakannya untuk pengalaman internet yang lebih cepat dan lancar.

Biaya Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Telkomsel tidak mengenakan biaya untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang hangus. Namun, untuk dapat menggunakan kartu Telkomsel yang telah diaktifkan kembali, pelanggan harus mengisi pulsa minimal Rp10.000.

Layanan Aktivasi Kartu Telkomsel Online

Selain melalui GraPARI Telkomsel, pelanggan juga dapat mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang hangus melalui layanan GraPARI Telkomsel Online. Layanan ini dapat diakses melalui website atau aplikasi MyTelkomsel.

Untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus melalui layanan GraPARI Telkomsel Online, pelanggan perlu mengunggah foto kartu SIM Telkomsel yang hangus, KTP, dan KK. Petugas GraPARI Telkomsel akan melakukan pengecekan data pelanggan dan melakukan proses aktivasi kartu.

Demikian informasi mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:   Berapa Harga Pasang Wifi Indihome?

Pertanyaan Umum

GraPARI Telkomsel apakah bisa online?

Ya, GraPARI Telkomsel bisa online. Telkomsel menyediakan layanan GraPARI Online yang dapat diakses melalui website atau aplikasi MyTelkomsel. Melalui layanan ini, pelanggan dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

Berapa biaya mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati?

Telkomsel tidak mengenakan biaya untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati. Namun, untuk dapat menggunakan kartu Telkomsel yang telah diaktifkan kembali, pelanggan harus mengisi pulsa minimal Rp10.000.

Berapa biaya mengaktifkan kartu Telkomsel yang hilang di GraPARI?

Biaya mengaktifkan kartu Telkomsel yang hilang di GraPARI adalah sebesar Rp50.000,-. Biaya ini meliputi biaya penggantian kartu SIM dan biaya aktivasi.

Berapa biaya buat nomor di GraPARI?

Biaya buat nomor di GraPARI adalah sebesar Rp25.000,-. Biaya ini meliputi biaya pendaftaran dan biaya aktivasi.

Apakah kartu Telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan kembali di GraPARI?

Ya, kartu Telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan kembali di GraPARI. Namun, kartu Telkomsel tersebut harus masih dalam masa tenggang, yaitu 30 hari setelah masa aktif habis. Jika masa tenggang telah habis, kartu Telkomsel tersebut akan hangus dan tidak dapat diaktifkan kembali.

kartu SIM hilang apakah bisa diganti dengan nomor yang sama Telkomsel?

Ya, kartu SIM hilang bisa diganti dengan nomor yang sama Telkomsel. Namun, pelanggan harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Kartu SIM yang hilang harus masih dalam masa aktif.
  • Pelanggan harus datang langsung ke GraPARI Telkomsel dengan membawa KTP dan KK.
  • Pelanggan harus membayar biaya penggantian kartu SIM sebesar Rp50.000,-.

Proses penggantian kartu SIM hilang di GraPARI Telkomsel membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!