10 Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia

Mata Uang Terendah Di Dunia–Negara-negara di seluruh dunia memiliki mata uang mereka sendiri, yang nilainya dapat berbeda-beda. Beberapa mata uang dikenal karena nilainya yang tinggi, sementara yang lain memiliki nilai yang rendah. Pada tahun 2023, ada beberapa negara di dunia yang memiliki mata uang dengan nilai terendah. Artikel ini akan memberikan informasi tentang 10 negara dengan mata uang terendah di dunia tahun 2023, dan di antara negara-negara tersebut, di manakah Rupiah Indonesia berada?

mata uang terendah di dunia

Bacaan Lainnya

Daftar Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia

Mata uang sebuah negara mencerminkan kekuatan ekonomi dan nilai tukar dalam hubungannya dengan mata uang lainnya. Beberapa negara di dunia memiliki mata uang dengan nilai yang sangat rendah. Berikut ini adalah daftar beberapa negara dengan mata uang terendah di dunia.

1. Iran – Rial Iran (IRR)

Rial Iran (IRR) adalah mata uang resmi Iran. Nilai tukarnya terhadap mata uang asing sangat rendah. Sebagai contoh, untuk mendapatkan 1 dolar AS, Anda perlu menukarkan sejumlah besar Rial Iran.

2. Indonesia – Rupiah (IDR)

Rupiah Indonesia (IDR) adalah mata uang resmi Indonesia. Meskipun Indonesia adalah negara dengan populasi yang besar dan memiliki perekonomian yang berkembang, nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing relatif rendah. Namun, Rupiah Indonesia tetap memiliki nilai yang stabil dan digunakan secara luas di dalam negeri.

Artikel Menarik Lainnya:   188 Nomor Apa? Jangan Panik, Ini Artinya!

3. Laos – Kip Laos (LAK)

Kip Laos (LAK) adalah mata uang resmi Laos. Kip Laos memiliki nilai yang rendah terhadap mata uang asing. Namun, sebagai turis, Anda masih dapat menggunakan mata uang ini untuk bertransaksi di Laos.

4. Guinea – Franc Guinea (GNF)

Franc Guinea (GNF) adalah mata uang Guinea, sebuah negara di Afrika Barat. Nilai tukarnya terhadap mata uang asing sangat rendah, sehingga membuatnya masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia.

5. Sierra Leone – Leone (SLL)

Leone (SLL) adalah mata uang Sierra Leone, sebuah negara di Afrika Barat. Mata uang ini juga memiliki nilai yang rendah terhadap mata uang asing.

6. Uzbekistan – Som Uzbek (UZS)

Som Uzbek (UZS) adalah mata uang resmi Uzbekistan. Nilai tukarnya terhadap mata uang asing cenderung rendah. Namun, Uzbekistan telah mengadopsi kebijakan yang lebih terbuka terhadap mata uang asing dalam beberapa tahun terakhir.

7. Vietnam – Dong Vietnam (VND)

Dong Vietnam (VND) adalah mata uang resmi Vietnam. Nilai tukarnya terhadap mata uang asing juga relatif rendah. Namun, Vietnam telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

8. Guinea-Bissau – CFA Franc Bissau-Guinea (XOF)

CFA Franc Bissau-Guinea (XOF) adalah mata uang Guinea-Bissau, sebuah negara di Afrika Barat. Nilai tukarnya terhadap mata uang asing sangat rendah.

9. Paraguay – Guarani (PYG)

Guarani (PYG) adalah mata uang resmi Paraguay. Meskipun Paraguay adalah negara dengan ekonomi yang berkembang, nilai tukar Guarani terhadap mata uang asing masih rendah.

10. Kamboja – Riel Kamboja (KHR)

Riel Kamboja (KHR) adalah mata uang resmi Kamboja. Riel Kamboja memiliki nilai yang rendah terhadap mata uang asing. Namun, mata uang ini masih secara luas digunakan di dalam negeri.

Artikel Menarik Lainnya:   10 Situs Terbaik Nonton Drama Korea Subtitle Indonesia

Daftar ini hanya mencakup beberapa negara dengan mata uang terendah di dunia. Nilai tukar mata uang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu dan dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi dan politik. Penting untuk diingat bahwa nilai mata uang tidak selalu mencerminkan kondisi ekonomi suatu negara secara keseluruhan.

Berapa nilai tukar masing-masing mata uang diatas terhadap dollar

Berikut ini adalah perkiraan nilai tukar masing-masing mata uang terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) berdasarkan data yang diperoleh pada saat penulisan:

Iran – Rial Iran (IRR): Sekitar 1 USD = 42,000 IRR

Indonesia – Rupiah (IDR): Sekitar 1 USD = 14,000 IDR

Laos – Kip Laos (LAK): Sekitar 1 USD = 9,000 LAK

Guinea – Franc Guinea (GNF): Sekitar 1 USD = 10,000 GNF

Sierra Leone – Leone (SLL): Sekitar 1 USD = 10,000 SLL

Uzbekistan – Som Uzbek (UZS): Sekitar 1 USD = 12,000 UZS

Vietnam – Dong Vietnam (VND): Sekitar 1 USD = 23,000 VND

Guinea-Bissau – CFA Franc Bissau-Guinea (XOF): Sekitar 1 USD = 570 XOF

Paraguay – Guarani (PYG): Sekitar 1 USD = 6,000 PYG

Kamboja – Riel Kamboja (KHR): Sekitar 1 USD = 4,000 KHR

Nilai tukar di atas hanya perkiraan dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Penting untuk memperhatikan bahwa nilai tukar mata uang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebijakan moneter, stabilitas ekonomi, dan faktor-faktor politik di setiap negara. Disarankan untuk selalu memperbarui informasi terkini dari sumber yang dapat dipercaya sebelum melakukan konversi mata uang.

Rupiah Indonesia dalam Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Rupiah Indonesia (IDR) termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia tahun 2023. Meskipun Indonesia adalah negara dengan populasi yang besar dan ekonomi yang berkembang, nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing masih rendah.

Artikel Menarik Lainnya:   AMOLED vs IPS, Manakah yang Pantas Jadi Pilihan Anda?

Penyebab utama rendahnya nilai tukar Rupiah Indonesia adalah faktor ekonomi dan keuangan. Faktor-faktor seperti inflasi, defisit anggaran, dan ketidakstabilan ekonomi dapat berkontribusi terhadap pelemahan nilai tukar mata uang. Meskipun pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk memperkuat nilai tukar Rupiah, tantangan ekonomi yang dihadapi negara ini tetap berpengaruh.

Namun, rendahnya nilai tukar Rupiah juga memiliki efek positif. Bagi wisatawan asing, Rupiah yang rendah dapat membuat biaya liburan di Indonesia menjadi lebih terjangkau. Selain itu, industri pariwisata di Indonesia juga dapat mengalami pertumbuhan karena daya beli wisatawan asing yang lebih tinggi.

Dalam kesimpulannya, Rupiah Indonesia (IDR) termasuk dalam daftar 10 mata uang terendah di dunia tahun 2023. Faktor-faktor ekonomi dan keuangan mempengaruhi nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing. Meskipun Rupiah memiliki nilai yang rendah, ada efek positif yang dapat diperoleh dari rendahnya nilai tukar ini.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!