Realme 8i Performa Gahar Harga Terjangkau, Apa Saja Kelebihannya?

Realme 8i telah sukses menarik perhatian banyak konsumen, khususnya bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan performa tinggi namun tetap berada dalam rentang harga yang terjangkau. Dengan menampilkan desain yang elegan dan spesifikasi teknis yang mengesankan, Realme 8i menjadi pilihan yang tidak dapat diabaikan di segmennya.

realme 8i harga dan spesifikasi

Namun, seperti apakah sebenarnya ponsel ini dalam penggunaan sehari-hari? Apakah ia benar-benar sesuai dengan ekspektasi atau justru menyimpan beberapa kelemahan yang perlu diketahui oleh calon pembeli? Artikel ini akan memberikan ulasan komprehensif mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8i, mulai dari desain, kualitas layar, performa, hingga kapabilitas kameranya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas sebelum memutuskan untuk membeli perangkat ini.

Ulasan Lengkap Realme 8i

Tampilan dan Estetika

Material dan Desain

Ponsel ini terbuat dari material kaca di bagian depan dan plastik di bagian belakang. Meskipun demikian, kesan eksklusif tetap sangat terasa, terutama dengan pilihan warna Space Black dan Space Purple yang menampilkan gradasi dan garis indah saat terkena cahaya.

Dimensi dan Bobot

Dengan dimensi 164.1 x 75.5 x 8.5 mm dan bobot 194 gram, Realme 8i mengusung desain yang ergonomis. Meskipun tidak termasuk ponsel super ringan, Realme 8i sangat nyaman digenggam. Pemindai sidik jari terintegrasi dengan tombol power di samping ponsel, memberikan estetika yang sangat mulus dan terlihat lebih modern.

Artikel Menarik Lainnya:   HP Xiaomi 13T Meluncur Akhir Tahun 2023

Spesifikasi Layar

Realme 8i dilengkapi layar berukuran 6,6 inci dengan rasio layar ke bodi sekitar 84,6%. Panel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2412 piksel menyuguhkan tampilan yang sangat tajam. Apalagi, dengan kerapatan layar mencapai 400 ppi dan fitur refresh rate 120Hz, pengalaman visual menjadi sangat memukau dan berselancar di internet menjadi lebih mulus.

Performa dan Kapabilitas

Chipset dan Prosesor

Realme 8i menggunakan chipset Mediatek Helio G96 (12 nm) dengan CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali G57 MC2. Ponsel ini menawarkan performa yang sangat stabil dan efisien.

Variasi Memori dan Kapasitas Penyimpanan

Realme 8i hadir dalam beberapa varian, yakni RAM 4GB dan 6GB dengan opsi memori internal 64GB dan 128GB. Varian dengan RAM 6GB bahkan mendukung virtual RAM hingga 5GB, yang secara signifikan meningkatkan performa.

Pengujian Performa

Berbagai pengujian, termasuk AnTuTu 9, menunjukkan bahwa Realme 8i meraih skor sekitar 280.000. Angka ini sungguh mengesankan, terutama untuk ponsel yang masuk dalam kategori entry-level.

Kemampuan Gaming

Realme 8i memiliki kemampuan gaming yang sangat memadai. Dalam pengujian, ponsel ini mampu menjalankan game berat seperti Call of Duty (CoD) Mobile dan Battleground Mobile dengan sangat lancar.

Rekomendasi 10 HP Outdoor Termurah

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8i

Kelebihan Realme 8i

Desain Elegan dan Ergonomis

Realme 8i datang dengan desain yang elegan, terutama dengan pilihan warna Space Black dan Space Purple. Material kaca dan plastik yang digunakan pun memberikan kesan eksklusif, sekaligus nyaman digenggam.

Layar Berkualitas Tinggi

Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,6 inci beresolusi 1080 x 2412 piksel dengan kerapatan 400 ppi. Fitur refresh rate 120Hz membuat pengalaman pengguna semakin optimal, terutama dalam bermain game atau menonton video.

Artikel Menarik Lainnya:   Rekomendasi 5 HP Oppo NFC Termurah dan Sudah 5G

Performa Mengesankan

Mengusung chipset Mediatek Helio G96 dan CPU Octa-core, Realme 8i mampu memberikan performa yang stabil dan efisien. Selain itu, skor AnTuTu 9 yang mencapai sekitar 280.000 menunjukkan bahwa ponsel ini cukup kuat untuk menjalankan aplikasi dan game berat.

Kapasitas Memori dan Penyimpanan

Varian RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 64GB dan 128GB memberikan pilihan fleksibilitas bagi pengguna. Varian RAM 6GB bahkan mendukung virtual RAM hingga 5GB, mempercepat kinerja ponsel secara signifikan.

Kamera 50 MP

Realme 8i dilengkapi dengan kamera utama 50 MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik, baik dalam kondisi cahaya terang maupun minim cahaya.

Kekurangan Realme 8i

Material Belakang dari Plastik

Meskipun terlihat elegan, material plastik di bagian belakang kurang memberikan kesan premium jika dibandingkan dengan ponsel yang menggunakan material kaca atau logam.

Tidak Ada Fitur Tahan Air

Realme 8i tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan air, sehingga pengguna perlu lebih berhati-hati dalam kondisi yang basah atau lembab.

Kapasitas Baterai Standar

Meskipun belum ada informasi resmi, beberapa review menyebutkan bahwa kapasitas baterai Realme 8i berada pada level standar, yang bisa jadi tidak memadai untuk penggunaan yang intensif.

Hanya Mendukung Pengisian Daya Standar

Realme 8i tidak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat, yang bisa menjadi kendala bagi pengguna yang membutuhkan waktu pengisian daya yang singkat.

Spesifikasi Realme 8i

SPESIFIKASI
UMUM
Tahun Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak
BODY
Dimensi164.1 x 75.5 x 8.5 mm
Berat194 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya
LAYAR UTAMA
JenisIPS LCD
Ukuran6.6 inci
Refresh Rate120 Hz
Resolusi1080 x 2412 piksel
Rasio20:9
Kerapatan401 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya– Touch sampling rate 180 Hz
– Tingkat kecerahan puncak 600 nit
HARDWARE
ChipsetMediaTek Helio G96
CPUOcta-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
MEMORI
RAM4 GB, 6 GB
Memori Internal64 GB, 128 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)
KAMERA UTAMA
Jumlah Kamera3
Konfigurasi
50 MP (wide), f/1.8
2 MP (macro), f/2.4
2 MP (depth), f/2.4
Fitur[“panorama”,”HDR”,”LED flash”,”Video: 1080p@30fps”]
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera1
Konfigurasi
16 MP (wide), f/2.1
Fitur[“panorama”,”Video: 1080p@30fps”]
KONEKTIVITAS
WLanWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.1, A2DP, LE
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
BATERAI
JenisLi-Po
Kapasitas5000 mAh
Fitur[“Fast Charging 18W”]
FITUR
OS (Saat Rilis)Android 11, Realme UI 2.0 (saat rilis)
Sensor[“Fingerprint (side)”,”Accelerometer”,”Gyro”,”Proximity”,”Compass”]
Jack 3.5mmAda
WarnaSpace Black, Space Purple
Fitur LainnyaVirtual RAM
Artikel Menarik Lainnya:   6 Fungsi Mi Pc Suite Smartphone Xiaomi Yang Sangat Berguna

Kesimpulan

Realme 8i adalah ponsel yang menawarkan kombinasi sempurna antara desain elegan dan performa tinggi. Dengan harga yang terjangkau, ponsel ini patut menjadi pertimbangan utama bagi siapa saja yang mencari ponsel dengan kamera berkualitas tinggi, performa stabil, serta tampilan yang memukau.

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!