Cara Membuat Google Form Kuesioner Cepat Dan Mudah.

Google Form adalah sebuah aplikasi pembuat formulir yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis formulir, termasuk kuesioner. Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat Google Form kuesioner yang efektif dan menarik.

cara membuat google form kuesioner skripsi

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Google Form Kuesioner

  • Membuat form baru

Pertama-tama, buka Google Form dan klik “Buat” -> “Form baru”. Pilih judul yang relevan dan deskripsi yang singkat untuk kuesioner yang ingin dibuat.

  • Menentukan jenis pertanyaan

Pilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan tujuan kuesioner, misalnya pilihan ganda, jawaban singkat, atau paragraf. Pengguna juga dapat menambahkan sub-pertanyaan pada setiap pertanyaan untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

  • Menambahkan pertanyaan dan opsi jawaban

Masukkan pertanyaan pada kotak yang tersedia dan tambahkan opsi jawaban jika diperlukan. Pengguna juga dapat menentukan apakah pertanyaan tersebut wajib dijawab atau tidak.

  • Mengatur tampilan form

Pengguna dapat mengatur tampilan form dengan mengubah tema, warna, atau font. Jika ingin menambahkan logo atau gambar khusus, pengguna juga dapat melakukannya pada bagian ini.

  • Mengatur opsi pengisian form

Pilih opsi pengisian form yang sesuai dengan kebutuhan, seperti mengumpulkan email responden, membatasi jumlah jawaban, atau meminta informasi kontak dari responden.

  • Menambahkan logika form

Pengguna dapat menambahkan logika form untuk memandu responden menjawab pertanyaan dengan benar. Misalnya, jika responden memilih jawaban A, maka pertanyaan selanjutnya akan berbeda dari responden yang memilih jawaban B.

  • Menambahkan tema form

Pengguna dapat menambahkan tema form agar lebih menarik dengan memilih opsi-opsi tema yang telah disediakan.

Artikel Menarik Lainnya:   3 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri Aktif Atau Tidak

Selain untuk kepentingan membuat kuesioner secara online, kamu juga dapat memanfaatkan google form untuk absensi secara online.

Tips dan Trik Membuat Google Form Kuesioner yang Menarik

Sebelum menggunakan cara membuat google form kuesioner diatas, mungkin kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut agar kuesionermu menjadi semakin menarik sehingga mendapatkan respon yang baik.

Tentukan Tujuan Kuesioner

Sebelum membuat kuesioner, ada baiknya kamu menentukan tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Dalam menentukan tujuan, kamu harus mempertimbangkan apa yang ingin diketahui dari responden. Jadi, jika kamu ingin mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan, maka kamu harus membuat pertanyaan yang lebih spesifik terkait hal tersebut.

Buat Pertanyaan yang Relevan

Setelah menentukan tujuan kuesioner, kamu harus membuat pertanyaan yang relevan. Pastikan pertanyaan yang kamu buat sesuai dengan tujuan kuesioner. Pertanyaan yang tidak relevan atau terlalu umum akan membuat responden bingung dan tidak dapat memberikan jawaban yang akurat.

Jangan Terlalu Banyak Pertanyaan

Ketika membuat kuesioner, jangan terlalu banyak membuat pertanyaan. Hal ini bisa membuat responden bosan atau tidak sabar dalam mengisi kuesioner. Usahakan agar kuesionermu tidak lebih dari 10-15 pertanyaan. Dengan jumlah pertanyaan yang sedikit, responden juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengisi kuesioner.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penting untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh responden dalam membuat kuesioner. Hindari menggunakan bahasa teknis atau bahasa yang terlalu formal, kecuali jika kuesionermu ditujukan untuk target audience yang memiliki latar belakang pendidikan atau pekerjaan yang membutuhkan bahasa teknis. Pastikan bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak ambigu.

Berikan Pilihan Jawaban yang Cukup

Ketika membuat kuesioner, pastikan kamu memberikan pilihan jawaban yang cukup untuk responden. Berikan opsi jawaban yang mencakup seluruh kemungkinan jawaban dari responden. Jangan terlalu banyak memberikan opsi atau terlalu sedikit, karena hal ini bisa mempengaruhi akurasi jawaban.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Untuk Koneksi Internet yang Lebih Aman dan Optimal

Pilih Template yang Sesuai

Google Form menyediakan berbagai macam template yang bisa kamu gunakan dalam membuat kuesioner. Kamu bisa memilih template yang sesuai dengan tujuan kuesioner atau bisa juga membuat template sendiri. Pastikan tampilan kuesioner kamu menarik dan mudah dibaca oleh responden.

Bagikan Kuesioner dengan Tepat

Setelah kuesioner selesai dibuat, kamu harus membagikannya dengan tepat. Kamu bisa membagikan link kuesioner melalui email atau sosial media. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih setelah seseorang mengisi kuesioner. Hal ini akan memperlihatkan bahwa kamu menghargai waktu dan usaha yang mereka berikan untuk mengisi kuesioner

Kesimpulan Dan Saran

Cara membuat Google Form kuesioner tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dalam artikel ini telah dijelaskan langkah-langkah dan tips untuk membuat kuesioner yang efektif dan menarik. Dengan menggunakan Google Form kuesioner, pengguna dapat mengumpulkan data dengan mudah dan cepat, serta dapat mengubahnya menjadi grafik atau diagram untuk memudahkan analisis data.

Untuk membuat kuesioner yang lebih baik di masa depan, disarankan untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki kuesioner yang sudah dibuat. Pengguna juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fitur Google Form agar dapat mengoptimalkan penggunaannya. Selain itu, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan terlalu banyak mengajukan pertanyaan yang terlalu rumit atau sulit dipahami. Semoga artikel ini dapat membantu dalam cara membuat Google Form kuesioner yang efektif dan menarik!

Cek Berita dan Artikel Teknologi paling update! Ikuti kami di  Google News miui.id, Jadilah bagian komunitas kami!